Manfaat ASI, Dari Turunkan Resiko Diare Hingga Pneumonia Pada Bayi

menyusui

Sudah diakui bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi anak. Demikian juga dengan ragam penelitian yang menyebutkan manfaat ASI untuk tumbuh kembang anak dan menghindarkan anak dari berbagai penyakit sudah banyak terbukti.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), seperti dikutip dari India Today, Minggu (17/4/2016) mengungkapkan bahwa ASI sangat bermanfaat untuk membuat tubuh bayi lebih mudah melawan virus, terhindar dari alergi dan sakit. Selain itu ASI juga mampu meningkatkan IQ anak. WHO juga mengungkapkan bahwa ASI adalah makanan ideal untuk bayi baru lahir hingga beberapa bulan berikutnya.

iklan donasi pustaka2

Hal ini disebakan, kandungan ASI menyediakan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi agar tumbuh kembangnya baik. ASI juga tidak hanya aman tetapi mengandung antibodi yang membantu melindungi bayi dari penyakit seperti diare dan pneumonia, dua penyebab utama kematian anak di seluruh dunia.

Oleh sebab itu, WHO merekomendasikan setidaknya anak bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun. selain anak juga sudah diberi makanan pendamping ASI sampai makanan keluarga. Menyusui juga bisa menurunkan risiko bayi terkena asma atau alergi.

Selain itu, bayi yang diberi ASI eksklusif selama 6 bulan, akan lebih tahan terhadap infeksi, penyakit pernapasan, dan diare. Tak hanya soal perkembangan fisik anak, menyusui juga bisa mendekatkan psikologi ibu dan bayinya.

American Academy of Pediatrics (AAP) juga menyatakan bahwa menyusui memainkan peran dalam pencegahan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau kematian bayi mendadak. Hal ini dikarenakan sentuhan kulit dan kontak mata yang terjadi saat aktivitas menyusui membuat ikatan antara ibu dan anak makin lekat.

Selain itu beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa menyusui dapat menurunkan risiko diabetes, obesitas dan bahkan beberapa jenis kanker pada anak setelah dewasa nanti. Dengan demikian tidak perlu diragukan lagi manfaat ASI bagi si kecil selain murah juga mempunyai manfaat yang tiada duanya. [ ]

 

(Visited 37 times, 1 visits today)

REKOMENDASI