Bekerja di Kamar Mayat, Hukuman Bagi Pemabuk di Thailand

Mengendarai mobil atau sepeda motor di jalan raya dalam keadaan mabuk sungguh sangat membahayakan, baik bagi dirinya sendiri maupun keselamatan orang lain. Banyak kecelakaan terjadi di jalan raya salah satunya disebabkan sang pengemudi dalam keadaan mabuk atau teler. Meski hukuman telah dijatuhkan namun pelanggaran ini masih sering terjadi. Namun cara unik yang dilakukan kepolisian Thailand ini kira patut dicoba sebagai untuk menyadarkan diri.

Hukuman bagi pengemudi yang mabuk di Thailand tergolong unik. Pasalnya, jika tertangkap sang pelaku akan dirikim ke kamar jenazah untuk bekerja. Dengan dikirim dan dipekerjakan di kamar mayat, pengemudi kendaraan yang mabuk di harapkan dapat mengurangi catatan keamanan lalu lintas yang buruk di negara itu.

“Ini dirancang untuk mencegah kelalaian, cara mencegah orang yang sedang mabuk agar tidak dijalan raya,” kata Kolonel Polisi Kriangdej Jantarawong seperti dilaporkan surat kabar Bangkok post yang dikutip dari laman BBC.

Hal yang sama juga diungkapkan Nontajit Netpukkana yang merupakan salah satu  pejabat hukum setempat. Menurutnya pemerintah sudah mengirim sejumlah pemabuk dan pengendara kendaraan tidak bertanggung jawab dalam keadaan mabuk untuk bekerja di bangsal kamar jenazah di sebuah rumah sakit.

“Pemerintah memutuskan “intensitas” pekerjaan di kamar jenazah akan membantu para pelanggar hukum itu mendapatkan gambaran yang jelas tentang akibat tindakan mereka,”tambahnya.

promooktober1

Kabinet di Thailand sendiri telah menyetujui rencana ini minggu lalu. Pengadilan akan dapat memutuskan siapa yang paling cocok mendapatkan hukuman ini. Peraturan yang baru dikeluarkan ini bertepatan dengan peringatan Tahun Baru di Thailand dimulai pada Rabu ini 13 April 2016, saat banyak orang melakukan perjalanan jauh ke luar kota untuk mengunjungi keluarganya.

Dengan diterapkannya peraturan ini diharapkan dapat menekan jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sedikitnya 24.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya di Thailand akibat kecelakaan lalu lintas. [ ]

 

(Visited 17 times, 1 visits today)

REKOMENDASI