Bagaimana Proses Keluarnya Sebuah Fatwa?

majelis ulama

Ustadz, saya mohon penjelasan mengenai Fatwa, karena akhir-akhir ini banyak sekali fatwa yang dikeluarkan baik oleh MUI tingkat pusat maupun daerah. Pertanyaan saya bagaimana proses keluarnya dan kapan dibutuhkan fatwa tersebut?

 

Fatwa merupakan hasil perenungan orang-orang yang ahli di bidangnya. Fatwa sangat terkait dengan ijtihad. Dalam definisi Ijtihad sering diungkap baghulul wus’i finali hukmin sayaar’iyin bistin batil akhka minal qur’ani wal sunnah yaitu usaha orang-orang yang faham untuk menjawab persoalan-persoalan kekinian dengan melihat isyarat-isyarat dari Al Quran dan Sunnah.

Sifat fatwa tidak mengikat bagi orang yang tidak meyakini, fatwa itu mengikat kalau kita yakin dengan fatwa itu. Misalnya fatwa yang menyatakan bahwa rokok itu haram, kalau kita berkeyakinan merokok itu tidak maslahat maka sebaiknya fatwa itu kita pegang, tetapi kita harus menghargai kepada orang yang punya alasan tertentu sehingga berpendapat merokok itu tidak disebut haram.

Contoh lain fatwa yang menyatakan bunga bank itu haram. Tidak semua ulama sepakat bahwa bank konvensional itu haram. Ada yang mengatakan kalau bunga bank tidak mencapai 2 kali lipat maka itu sesuatu yang boleh. Makanya saat ini kita lihat betapa banyak orang yang masih menggunakan bank konvensional.

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 34 times, 1 visits today)

REKOMENDASI