Jangan Pernah Putus Asa dengan Ampunan dan Cinta Allah

masjid hasan II

(Tafsir Q.S. Al-Buruuj Ayat 14-16)

Dalam ayat sebelumnya yaitu ayat 12-13, dijelaskan bagaimana kerasnya dan pedihnya azab bagi orang-orang yang melalaikan agama Allah.   [irp posts=”6612" name=”Ganjaran Bagi Orang yang Melalaikan Agama (Tafsir QS. Al-Buruuj Ayat 12-13)”]

iklan donasi pustaka2

Pada ayat berikutnya (QS. Al-Buruuj  ayat 14), Allah Swt berfirman :

وَهُوَ الْغَفُورُ الْوَدُودُ

Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih,

Kalau kita pernah terjerumus dosa dan kemaksitan, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak bertaubat. Segeralah mohon ampunan dan rahmat-Nya karena Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih. Jangan sekali-kali kita putus asa dengan ampunan dan cinta Allah.

Selama kita bertobat dengan sungguh-sungguh, pasti Allah akan mengampuni. ”Katakanlah, ’Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa  semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’” (Q.S. Az-Zumar 39: 53).

Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.” (Q.S. Al Furqan 25: 71)

Allah swt. bukan hanya Maha Pengampun tapi juga Maha berkuasa atas segala sesuatu.  Allah swt. Maha berkuasa berbuat apa pun yang dikehendakinya.

Pada ayat berikutnya yaitu ayat  15 dan 16, Allah berfirman :

ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيدُ

فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيدُ

Yang mempunyai ‘Arsy, lagi Maha Mulia. Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya.

Kalimat Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya bukan berarti Allah semaunya memperlakukan manusia. Maha suci Allah! Allah tidak akan pernah berbuat zalim pada hambanya sekecil apa pun juga. ”Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar dzarrah, dan jika ada kebajikan sebesar dzarrah, niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar.” (Q.S. An-Nisa 4: 40). Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

Bersambung…

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI