Ini 4 Keutamaan Berbakti pada Orangtua, Nomor 3 Paling Kita Inginkan

ortu

Kalau setiap anak mengetahui dan memahami keutamaan berbakti kepada orangtua, tentu tidak akan ada anak yang berani mendurhakai orangtuanya. Secara pribadi, kita sangat tidak menyukai kata durhaka ini, terlebih jika kata tersebut dirangkaikan dengan kata orangtua. Betapa tidak? Tidak seharusnya orang yang melahirkan, membesarkan, mendidik, serta melindungi kita dengan segenap jiwa raga diperlakukan durhaka. Sedikit pun, mereka tidak berhak menerimanya.

Kembali pada keutamaan berbakti kepada orangtua, berikut empat poin yang harus dicamkan oleh setiap anak.

  1. Derajatnya sama dengan salat dan jihad.

 Aku bertanya kepada Rasulullah Saw., “Amal apakah yang paling utama?” Rasulullah Saw. menjawab, “Salat di awal waktu.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa?” Rasulullah Saw. menjawab, “Berbakti kepada kedua orangtua.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa?” Rasulullah Saw. menjawab, “Jihad di jalan Allah.” (H.R. Bukhari)

Subhanallah! Demikian tingginya Allah Swt. menempatkan derajat orangtua hingga disejajarkan dengan salat dan jihad. Tentu teramat disayangkan jika ada figur publik yang terkenal baik kepada sesama atau bahkan getol ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan sosial namun akhlak terhadap kedua orangtuanya tidak atau kurang baik. Kita patut curiga, jangan-jangan kegiatan sosialnya tersebut hanyalah sebuah kepura-puraan demi sebuah popularitas mengingat kepada orang terdekatnya saja, yaitu orangtuanya, dia tidak sanggup berbuat baik.

Kalau Allah Swt. saja sudah mensejajarkan orangtua dengan salat dan jihad, bukankah sudah seharusnya kita lebih memuliakan orangtua daripada aktif di kegiatan sosial?

promooktober1

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 92 times, 1 visits today)

REKOMENDASI