Azan Saat Menguburkan Mayat, Apa Hukumnya?

kematian

Ustadz Aam yang saya hormati,  saya beberapa kali menghadiri acara pemakaman. Pada saat jenazah dimasukkan ke lubang kubur, ada seseorang di antara pengantar yang mengazani jenazah terlebih dulu.  Yang menjadi pertanyaan, apakah memang jenazah harus diazani saat pemakaman?  Adakah contoh dari Rasulullah saw. tentang hal ini? Terima kasih atas jawabannya..

 

Ada dua fungsi azan. Pertama, sebagai alat untuk memberitahukan bahwa waktu shalat telah tiba. Shalat wajib adalah ibadah yang telah ditentukan waktunya secara definitif,

”…Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (Q.S. An-Nisaa 4:103).

Sebelum shalat, kita harus yakin dulu bahwa waktunya sudah masuk. Di sinilah pentingnya azan sebagai alat untuk memberitahukan bahwa waktu shalat telah tiba. Kedua, azan berfungsi sebagai alat untuk mengajak orang shalat berjamaah.

Memang, di masyarakat kita ada kebiasaan kalau mayat mau dimasukkan ke lubang kubur suka diazani terlebih dahulu. Tentu saja, ini salah alamat sebab mayat tidak mungkin memenuhi panggilan azan.

Karena itu, wajar kalau tidak ada satu pun hadis yang menjelaskan bahwa Rasulullah saw. atau para sahabat azan saat menguburkan mayat.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa tidak perlu azan saat menguburkan mayat karena Nabi saw. tidak pernah mencontohkannya. Juga mayat tidak mungkin memenuhi panggilan azan. Azan ditujukan untuk memanggil orang hidup agar segera shalat. Wallahu a’lam bishawab.

[AdSense-A]

(Visited 73 times, 1 visits today)

REKOMENDASI