Kenapa Harus Baca Bismillah Saat Melakukan Kebaikan?

bismilah

Ustadz, apakah Bismillah itu bagian dari surat Al Fatihah atau hanya pembatas saja. Dan apa makna Bismillah sehingga dianjurkan untuk dibaca setiap kali kita mau melakukan kebaikan?

 

Bismillah statusnya sebagai ayat pertama dari surat Al Fatihah, sedangkan dalam surat lainnya ia sebagai pembatas antar surat, karenanya tidak diberi nomor. Konsekuensinya, bila Bismillah dihitung sebagai ayat dari Al Fatihah, ia harus dibaca saat kita membaca Al Fatihah dalam shalat.

alquran muasir

Ada dua cara membaca Bismillah saat shalat; jahar dan sirr. Jahar artinya bacaannya terdengar atau dikeraskan. Sedang sirr artinya tidak terdengar atau tidak dikeraskan. Kalau kita shalat berjamaah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, saat imam membaca Fatihah langsung terdengar Alhamdulillah…, seolah Bismillah-nya tidak dibaca. Sesungguhnya imam tetap membaca Bismillah namun tidak dikeraskan bacaannya.

Nasa’i, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim meriwayatkan hadis berikut. Abu Hurairah r.a. shalat dengan mengeraskan bacaan Bismillah. Selesai shalat ia berkata,

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

kalender
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah