10 Dandanan Terlarang Bagi Muslimah Ini Mana Yang Sering Kita Lakukan ?

jilbab hijab

Oleh: Sasa Esa Agustiana*

Adalah sebuah keniscayaan bahwa bagi setiap wanita pasti ingin tampil cantik dimata orang lain. Untuk mendapatkan itu (cantik) maka ia berdandan atau berhias sebagai cara untuk tampil lebih cantik dan bisa mengundang pujian. Hal ini tentu dibenarkan,boleh dan sah saja namun yang perlu dipahami dalam Islam, tidak semua cara mempercantik diri diperbolehkan bagi muslimah. Berikut ini 10 cara berdandan yang terlarang bagi Muslimah:

  1. Membuka aurat

Berdandan secantik apapun, jika tidak menutup aurat, maka terlarang bagi muslimah. Adapun aurat muslimah adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Hal ini berdasar berfirman Allah Swt:

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al Ahzab: 59)

Dalam sebuah diriwayatkan ,suatu hari Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya”. (HR. Abu Daud)

promo oktober
  1. Berdandan yang mengundang syahwat

Meskipun sudah menutup aurat, tetapi jika seorang muslimah berdandan dengan cara yang mengundang syahwat maka hal itu juga terlarang.Mengundang syahwat bentuknya bisa macam-macam. Mungkin pakaiannya tipis atau cenderung transparan. Mungkin pakaiannya membentuk lekuk-lekuk tubuh.

Berdandan yang mengundang syahwat bisa pula karena model baju dan juga make up. Misalnya memakai lipstik membentuk bibir tampak seksi dan sejenisnya. Dalam hal ini Rasulullah Saw bersabda:

“Wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang, yang berjalan berlenggak-lenggok guna membuat manusia memandangnya, mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mendapati aromanya. Padahal aroma Surga bisa dicium dari jarak 500 tahun.” (HR. Malik dalam al-Muwaththa’)

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 712 times, 1 visits today)

REKOMENDASI