Ini Potensi Keuangan Syariah di Indonesia Yang Masih Tersembunyi

Industri keuangan syariah telah ada di Indonesia sejak lebih dari dua dekade. Meskipun pertumbuhannya meningkat dari tahun ke tahun, namun dampaknya terhadap perekonomian nasional masih kecil dan kalah jika dibandingkan dengan industri keuangan konvensional.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia perlu menunjukkan potensi tersembunyi di industri keuangan syariah. Potensi tersebut antara lain industri perbankan syariah, asuransi syariah dan sukuk.

alquran muasir

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia perlu mengeluarkan potensi tersembunyi dari industri keuangan syariahnya. Potensi tersebut antara lain industri industri bank syariah, asuransi syariah, dan sukuk,” ungkap Sofyan, di Jakarta, seperti dilaporkan finance.detik.com , Rabu (6/4/2016).

Ia menyebutkan, walaupun potensi industri perbankan syariah ini dominan dalam industri keuangan syariah, namun market share-nya tidak pernah melebihi 5%.

“Segmen industri perbankan syariah memang dominan di industri keuangan syariah tapi tidak sebaik bank konvensional, kinerjanya masih belum baik dan market share-nya tidak pernah melebihi 5%,” kata Sofyan.

kalender

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah