Ingin Punya Anak Cerdas ? Lakukan Tips Sederhana Ini

Anak merupakan amanah,karunia sekaligus anugerah dari Allah Swt yang harus kita jaga dan rawat dengan baik. Bagi pasangan yang sudah menikah, memiliki anak merupakan kebahagiaan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Mereka juga tentu sangat menginginkan agar anaknya tumbuh sehat dan dapat membanggakan orangtuanya kelak jika telah dewasa. Anak cerdas merupakan harapan semua orangtua.

Namun harus disadari bahwa berbagai prestasi yang diperoleh oleh anak kelak, tidak lepas dari peran orangtuanya saat mereka masih bayi. Berbagai pelajaran baik dan selalu menumbuhkan motivasi merupakan dua hal yang sangat perlu diberikan orangtua kepada anak-anaknya. Berbagai cara dapat membantu mencerdaskan otak anak, seperti yang berikan laman healthyliving agar anak lebih cerdas sekaligus  sehat :

alquran muasir
  1. Berikan ASI.

Air Susu Ibu (ASI) dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak anda. Untuk itulah, penuhilah nutrisi yang lengkap pada anak saat balita dengan air susu ibu.

  1. Berikan Permainan Untuk Mengasah Otaknya.

Mengisi teka-teki silang merupakan salah satu alternatif permainan yang mampu melatih kecerdasan otak anak anda.

  1. Ajak Anak Untuk Berolahraga.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Illinois Amerika menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kebugaran dan prestasi akademik yang di miliki oleh seorang anak.

kalender
  1. Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi.

Dalam hal ini, aneka sayuran yang bewarna hijau serta buah-buahan sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak anda. Serta hindarilah untuk memberikan berbagai makanan instan atau siap saji (Junk Food).

  1. Ajarkan Dan Tanamkan Hobi Membaca.

Membaca bermanfaat untuk meningkatkan pembelajaran, menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan kognitif pada anak anda.

  1. Sarapan Pagi Yang Bergizi.

Berbagai manfaat sarapan pagi bagi anak yaitu mampu meningkatkan memori otak, kosentrasi dan minat untuk mempelajari berbagai pelajaran di sekolah dengan sangat baik.

  1. Berikan Ilmu-ilmu Yang Positif.

Jika anda berbakat bermain musik atau berbakat pada bidang lainnya, maka tak ada salahnya mengajarkan ilmu tersebut pada anak anda. Hal ini tentu saja memberikan ilmu baru dan berdampak positif bagi anak anda.

Namun sebagai seorang muslim yang tidak kalah penting adalah senantiasa berdoa kepada Allah Swt agar diberikan anak yang cerdas sekaligus shalih shalihah. Untuk itu alangkah bijaknya jika mereka senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an sedini mungkin sebagai panduan hidup. Sebab,dalam Islam seorang manusia bukan hanya dituntut untuk cerdas secara intelegensia namun cerdas secara spiritualnya. [ ]

Red: Eika dan Lingga

Editor: Iman

Ilsutrasi foto: Norman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah