Istri Bekerja, Harusnya Datangkan Berkah Bukan Petaka

Oleh :  Ustadz Subkhi Al-Bughury*

Ibu yang bekerja di luar rumah memang mengundang pro dan kontra. Banyak tafsiran yang membolehkan hal tersebut, tetapi tidak kalah banyak pula yang menyayangkannya. Perbedaan prinsip dalam memandang hal ini membuat tafsir atas ibu yang bekerja di luar rumah menjadi sangat membingungkan. Sudah selayaknyalah kita sebagai umat Islam menimbang semua permasalahan dari sudut pandang syariah yang bersumber pada Al-Quran dan hadits sahih, tidak terkecuali ketika berbicara mengenai ibu yang bekerja di luar rumah. Permasalahan tersebut sedikit banyak terjawab dalam surat Al-Ahzab yang berisi pengukuhan eksistensi (kesamaan derajat) kaum Hawa dan Adam di mata Allah Swt.

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang shaum, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 35)

alquran muasir

Keterangan tersebut secara representatif menyebutkan bahwa suami-istri memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mencapai derajat, kesejahteraan, kebahagiaan, dan amalan saleh. Tidak terkecuali dalam hal mencari penghasilan atau posisi dalam suatu jenjang karir tertentu. Membangun dan menciptakan rumah tangga yang samara (sakinah, mawaddah, wa rahmah) harus menjadi tanggung jawab bersama antara suami dan istri, termasuk dalam mendapatkan penghasilan untuk membiayai keperluan rumah tangga. Walaupun Islam tidak melarang, tetapi ibu yang berkarir atau bekerja di luar rumah perlu mengindahkan kewajibannya sebagai istri bagi suaminya dan ibu bagi anak-anaknya.

Antara suami dan istri hendaknya terjalin kerja sama bahu membahu demi tercapainya tujuan bersama. Dalam Al-Quran ditegaskan:

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

kalender
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah