MUI : Pakaian Juga Harus Disertifikasi Halal

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa sertifikasi halal tidak hanya terbatas pada makanan saja.  Pakaian sebagai barang gunaan yang dipakai dan dimanfaatkan oleh manusia meliputi baju, celana, kain, dompet, ban pinggng hingga sepatu dan berbagai asesoris juga harus disertifikasi halal.

Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan MUI H Ikhsan Abdullah mengatakan, hal ini diatur dalam Pasal 1 angka 1 UU No. 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal (UUJPH).  Karena pakaian dapat dikategorikan sebagai barang gunaan yang dipakai dan dimanfaatkan oleh masyarakat, maka barang ini mesti disertifikasi halal sebagaimana makanan, minuman, kosmetik, dan produk biologi/kimia.

alquran muasir

Ikhsan mengatakan hal itu menanggapi pernyataan pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sudaryatmo, bahwa sertifikasi halal untuk produk di luar makanan sebenarnya tak diharuskan sebagaimana diatur UU Nomor 33 Tahun 2014.

Dikatakan, sertifikasi halal terhadap pakaian menjadi sangat penting mengingat proses produksi pakaian melalui berbagai tahap yang sangat panjang dari bahan yang dipergunakan, pola, pemotongan, penjahitan, steam sampai pengepakan dan proses pengiriman.

“Ada banyak sentuhan teknologi sehingga bisa saja zat, bahan, atau mekanisme pemrosesannya bercampur dengan bahan dari zat nonhalal,” ujarnya di Jakarta, Senin (28/3).

kalender

Di sinilah, menurutnya, perlunya sertifikasi karena apabila komponen untuk membuat baju itu menggunakan enzim yang dibuat dari enzim babi, maka akan menjadi haram.

Sebelumnya pada  Jumat (25/3/2016), Ketua MUI Ma’ruf Amin mengatakan, semua produk sandang harus bersertifikasi halal. Pasalnya,  ada bahan-bahan pakaian yang terbuat dari unsur babi, seperti kulit, bulu atau bagian tubuh babi lainnya.

“Makanya kita pastikan yang dipakai itu halal, seperti sepatu baju dan produk sandang,” ujar Ma’ruf.

Sumber : Suara Merdeka

BACA JUGA :  Fenomena Jilbab Halal Antara Menebar Bujuk Rayu dan Rasa Takut

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah