Tips Sederhana Agar Bisa Shalat Khusyuk

shalat

 Mencapai shalat khusyuk bukanlah perkara yang mudah. Apalagi bagi kita yang masih awam. Sedikit sekali orang yang mampu khusyuk dalam shalatnya. Jika kenyataannya demikian, wajib bagi muslim untuk senantiasa berusaha agar khusyuk itu bisa terwujud dalam shalat walaupun hanya sesaat. Sehingga shalatnya kita termasuk dalam shalatnya orang-orang yang sempurna menurut pandangan Allah Swt sebagaimana yang diterangkan banyak ayat dalam Al-Qur-an. Bagaimana cara supaya shalat kita khusyuk, berikut cara-caranya:

  1. Lakukan dengan tumaninah

Salah satu resep kehusyukan, lakukan shalat dengan benar sesuai dengan contoh Rasul SAW. Lakukan dengan tenang dan tumaninah. “ … dan rukuklah sehingga kamu tuma’ninah dalam rukuk itu. Lalu tegaklah berdiri sampai kamu tuma’ninah dalam berdiri … dan seterusnya’

alquran muasir
  1. Konsentrasi

Pengertian khusyu dalam shalat, Al-Hilali dalam Al-Khusyu adalah kondisi hati yang penuh dengan ketakutan, mawas diri, dan tunduk pasrah di hadapan keagungan Allah Swt. Semua itu membekas dalam gerakan-gerakan badan yang penuh hikmat dan konsentrasi dalam shalat.  Yang paling penting untuk mencapai kekhusyuan adalah kesungguhan. Kesungguhan untuk melawan hawa nafsu kita terus menerus. Dengan melakukan dengan sungsuh-sungguh terus menerus Allah Swt akan memberikan jalan yang mudah. Sebagaimana yang diterangkan dalam surat Al–Ankabut, Allah Swt. menerangkan, orang orang yang bersungguh-sungguh di jalanku akan diberikan jalan, solusi, dan bimbingan.

Hilangkan pikiran tentang hal berbau duniawi. “Ketika kita masuk masjid kita simpan urusan dunia di belakang kita. Jangan sampai kita masuk masjid tapi dunia juga kita pikirkan atau kita bawa dalam shalat,” tegasnya.  Dalam shalat, seseorang juga harus betul-betul mendatangkan roh dan jasadnya. Jangan sampai shalat itu hanya jasadnya. kebanyakan orang melaksanakan shalat hanya dengan jasadnya. Sampai Rasulullah Saw. itu mengatakan ada orang yang melaksanakan shalat hanya mendapatkan seperempatnya, seperenam, dan seperdelapannya.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

kalender
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah