Berita Buruk Dunia Medis, Apa Saja?

Oleh: dr. Hanny Ronosulistyo, Sp.OG(K), MM *

(yaitu Tuhan) yang telah menciptakan aku, maka Dialah yang menunjuki aku, dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku, dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan mematikan aku (kembali), dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.” (Asy-Syu’ara 26: 78-82)

alquran muasir

Seperti yang telah dengan jelas diungkapkan pada Q.S. Asy-Syu’ara di atas, dalam suatu upaya medis, hasil akhir terletak pada kehendak Allah swt. Allah mempunyai rahasia dan kehendak untuk menyembuhkan atau mematikan seorang manusia. Ini merupakan salah satu bukti Kemahabesaran Allah swt. Pencipta dan Penguasa semesta ini.

Layakkah sebuah upaya pengobatan?

Dalam sebuah sekte agama Kristen ada sebuah ketentuan; Para pengikut sekte ini dilarang berobat ke dokter, pengobatan hanya layak dilakukan oleh pendetanya sendiri dengan cara psikoreligioterapi, bahkan caranya pun ada yang hanya lewat telepon. Jadi,  pendeta itu akan membacakan doa dan menyugesti pasien. Allah (melalui tangan pendeta), akan menyembuhkan. Ada juga sekte Kristen lain yang melarang jamaahnya untuk transfusi darah.

kalender

Dalam agama Islam, hal semacam ini tentu tidak diperkenankan! Mengapa? karena ada hadis yang berbunyi, “Jika suatu urusan tidak diserahkan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran.

Pendeta bukan ahli medis, sehingga kemungkinan kesalahan pendiagnosisan penyakit amatlah besar. Dalam ilmu kesehatan, ada beberapa pembagian kewenangan. Dokter mendiagnosis (mencari penyebab penyakit) dan memberi pengobatan; perawat merawat yang sakit, memberi pengobatan atas saran dokter; bidan menolong persalinan dengan pengawasan dokter; dan apoteker memberikan obat yang diminta dokter melalui pasien. Jadi, kewenangan memberi pengobatan ada pada diri dokter. Dokter berikhtiar untuk mengobati pasien dan meminta keridoan Allah swt. agar ikhtiarnya dikabulkan, yaitu kesembuhan pasien.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah