Apa Hukumnya Menerima “Dana Bergulir”?

uang rupiah

Ustadz, bagaimana hukumnya menerima bantuan yang istilahnya dana bergulir dengan berpijak saling membantu satu sama lain, ikhlas, dan rido tanpa ada paksaan. Member membayar satu kali kemudian ia mendapatkan sejumlah uang dalam faktor tertentu dari member yang lain yang mengikuti program ini.  Namun, ketika ia sudah mendapat bantuan tanpa jaminan apapun otomatis dalam waktu setahun ia pun hangus dari keanggotaan program ini. Program ini ditujukan untuk membantu sesama anggota seperti untuk dana pendidikan, modal usaha dan sebagainya. Nah, bagaimana Islam memandang program seperti ini?

(Hamba Allah di Bandung)

promooktober

 

Di dalam Islam, tentu saja sangat dianjurkan untuk saling tolong menolong. Hal ini terdapat dalam surah Al-Maidah ayat 2, “…saling tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa, jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran...”

Nah, jadi kalau berbicara tolong-menolong jelas sangat dianjurkan dalam Islam. Hanya masalahnya, ini ada kaitanya dengan persoalan hak milik. Salahsatunya ketika saya menjadi member. Sebut saja saya menyimpan uang 500 ribu. Lalu saya butuh dana untuk sekolah anak 5 juta, saya dapat uang 5 juta itu dan anggota lain juga begitu. Pertanyaannya, dari mana uang saya yang  5 juta rupiah, sedangkan saya hanya membayarnya 500 ribu rupiah?

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 19 times, 12 visits today)

REKOMENDASI