Madrasah Pertama Itu di Tangan Ibu, Lalu Apa Peran Ayah ?

ilustrasiortuanak

Tugas utama mendidik anak ada di tangan kedua orangtuanya. Ketika berbicara orangtua, maka kita akan berbicara tentang ayah serta ibu dan bukan hanya salah satu di antaranya saja. Dalam kaitannya dengan pendidikan anak, ini merupakan tanggung jawab ayah dan ibu, bukan ibu saja atau ayah saja. Mengapa? Karena anak membutuhkan kedua sosok ayah ibunya (keduanya saling melengkapi) dalam memberikan pendidikan yang ia butuhkan.

Namun demikian, kita tidak menutup mata bahwa perang seorang ibu dalam mendidik anak-anaknya lebih dominan daripada ayah. Ini dikarenakan interaksi ibu (terutama mereka yang menjadi ibu rumah tangga secara penuh tidak sambil bekerja di luar rumah atau menjadi wanita karir) dengan anak lebih intens dibandingkan ayah yang memiliki tugas mencari nafkah di luar rumah. Karenyanya, islam pun menyebut ibu sebagai madrasah (sekolah) pertama bagi anak-anaknya. Menurut psikolog ,Rahmi Dahnan, ini tidaklah berlebihan mengingat tujuh tahun pertama adalah waktunya anak mempelajari banyak hal untuk pertama kali dari ibunya. Dalam keseharian interaksi antara ibu dan anak tersebut terjadi proses asah, asih, asuh yang  melahirkan keterikatan batin antara keduanya.

alquran muasir

Di sinilah diperlukannya penguasaan pengetahuan atau ilmu cara mendidik anak bagi seorang ibu. Faktanya, saat ini banyak sekali ibu-ibu yang tidak memiliki keterampilan mengasuh anak. Ketika seorang wanita berubah dari sekadar istri bagi suaminya menjadi ibu bagi anak-anaknya, ia harus bisa menyesuaikan diri dengan memperkaya intelektualitasnya dengan ilmu-ilmu pengasuhan anak yang baik. Di sinilah diperlukannya pembekalan ilmu pengasuhan anak sejak usia pra-nikah. Ya, pengetahuan tentang pola pengasuhan bukan mendadak dipelajari ketika seorang wanita memiliki anak tapi harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah