Manfaatkan Liburan, Saatnya Produktif Bersama Keluarga

Bagi Anda yang gila kerja barangkali hari libur (weekend) bisa saja membuat nafsu kerja menjadi terhenti. Namun, tahukah dan sadarkah Anda bahwa istirahat itu sangat penting diperlukan oleh manusia? Uang memang perlu sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup khususnya bagi yang telah berkeluarga tetapi keseimbangan tubuh dan pikiran untuk bekerja  itu juga lebih perlu. Manusia membutuhkan istirahat agar energi bisa dikumpulkan kembali dan bersiap untuk bekerja lagi.

Sobat Mapi, manfaatkan moment penting liburan bersama keluarga. Saat kita bekerja, paling sering keluarga kita lalaikan. Bahkan, kalau ada anggota keluarga yang menyapa sering dianggap sebagai gangguan. Untuk itu jangan sia-siakan waktu ini,  khususnya untuk dihabiskan bersama keluarga tercinta.

alquran muasir

Manfaatkan sebaik-baiknya waktu libur ini untuk bercengkerama dengan keluarga. Bisa juga dengan mengisi kegiatan bersama di luar rumah, di taman rekreasi, makan bersama di luar, menengok orangtua atau sanak saudara di luar kota atau menghadiri acara pengajian adalah salah satu moment untuk menjaga kebersamaan.

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar liburan kita menjadi tetap produktif bersama keluarga :

1.  Rencanakan Bersama

kalender

Segala sesuatu akan lebih bermakna jika direncanakan, demikian juga saat mengisi liburan. Jadikan hari libur lebih menyenangkan dengan rencana-rencana yang menarik. Jangan lupa libatkan seluruh anggota keluarga agar semua mempunyai alasan dan saling menerima keputusan.

2. Bangun Lebih Awal

Meski libur jangan lantas tidur pun terbawa suasana “santai” hingga kesiangan. Sebagai orang yang beriman tentu saja ibadah juga tidak boleh libur. Nah, moment libur bisa dijadikan waktu bersama untuk pergi ke masjid bersama anak-anak khususnya saat shalat Subuh.

 3. Jangan Larut dalam Internet dan Televisi

Bagi sebagian orang waktu libur malah dihabiskan untuk di  depan komputer dengan bermain games atau di depan televisi dengan ragam siaran langsung. Ini tentu bukan liburan yang produktif. Untuk itu jangan terlalu terbuai dalam pesona internet dan televisi saja. Aktivitas ini juga malah bisa membuat liburan menjadi membosankan.

4. Buat Skala Prioritas

Mungkin waktu liburan sebelumnya ada beberapa hal yang belum terselesaikan, misalnya mengunjungi orangtua atau saudara yang tidak keburu waktunya. Jika itu masih dianggap utama boleh diprioritaskan untuk liburan kali ini. Bagi yang mempunyai tunggakan hafalan Al-Qur’an saat libur adalah waktu yang tepat untuk menambah atau memperbaiki hafalan.

5. Saatnya Bersama Keluarga

Gunakan waktu libur betul- betul untuk keluarga bahkan jika tidak sangat mendesak atau penting sekali waktu buat relasi kerja dan sebagainya boleh ditunda untuk esok hari. Waktu bersama keluarga ini bisa dimanfaatkan dengan pergi bersama ke tempat rekreasi atau menghadiri acara kajian atau pengajian keluarga. Selain menambah ilmu juga bisa ketemu teman atau keluarga lainnya.

Namun yang harus diingat meski libur, waktu-waktu ibadah tetap harus diperhatikan dan didahulukan. Hari boleh libur untuk bekerja, namun harus tetap produktif dengan amal shaleh. Wallahu’alam. [ ]

 

 

Red: Ali

Editor: Iman

Editor Bahasa: Desi

Ilustrasi foto: Norman

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah