Ketua MUI K.H. Ma’ruf Amin jadi Imam Shalat Gerhana 2016

KOBA, MINGGU – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (BUI), K.H. Ma’ruf Amin akan bertindak sebagai imam shalat gerhana saat terjadi gerhana matahari total (GMT) di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (9/3) pagi.

“Imam shalat gerhana adalah Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin dan jamaahnya tentu para pengunjung,” ujar Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Muchlisin di Koba, Minggu.

alquran muasir

Ia menjelaskan, lokasi shalat gerhana berada di pinggir pantai di Desa Terentang III dengan panjang sekitar empat kilometer.

“Diperkirakan jamaah yang ikut shalat gerhana matahari mencapai ribuan orang karena pengunjung sudah mulai berdatangan sejak Sabtu (5/3) sore,” ujarnya.

Ia mengatakan, lokasi untuk shalat gerhana sudah dibersihkan dan disterilkan dari aktivitas manusia agar benar-benar bersih.

kalender

“Lokasinya sudah kami siapkan beberapa hari yang lalu, sekarang sudah bersih dan siap dipakai untuk tempat shalat gerhana,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah juga sudah mempersiapkan fasilitas pendukung lainnya termasuk kaca mata khusus untuk melihat gerhana dan teleskop.

“Kacamata khusus untuk melihat gerhana kami siapkan sebanyak 5.500 unit dan sebanyak 10 unit teleskop,” ujarnya.

Seperti diketahui, wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu daerah di mana fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) dapat disaksikan. Selain provinsi ini, wilayah lain di Indonesia juga  dapat menyaksikan fenomena alam ini.  Beberapa kota tersebut di antaranya Palembang, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso, Halmahera, Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Makasar, Kupang, Manado, Ambon, dan Banjarmasin. adalah  daerah Kalimantan Barat,  Sulawesi Barat, Maluku Utara, Jambi dan Bengkulu.

Sumber : Antara

Editor Bahasa: Desi

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah