Yuk, Nonton Gerhana Matahari 9 Maret di Bosscha

Bagi Sahabat MapiOnline  khususnya yang berdomisili di Kota Bandung atau yang kebetulan akan berada di Kota Kembang pada 9 Maret nanti, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kesempatan mengamati fenomena Gerhana Matahari Total di Observatorium Bosscha Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Observatorium Bosscha yang merupakan fasilitas pengamatan benda langit berlokasi di Desa Gudang Kahuripan, Lembang,  membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengamati fenomena langka itu menggunakan teropong bintang.

promooktober

Dilansir fokusjabar.com, para peneliti di Bosscha akan menyediakan beberapa alat pemantauan gerhana seperti teropong lubang jarum, kacamata matahari, dan teleskop William Optics berdiameter 66 mm. “Rencananya akan ada 1.000 kacamata, sekarang kita baru membuat 500 kacamata, “ungkap Staf Peneliti Observatorium Bosscha, Yatni Yulianty.

Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 akan melintasi 12 provinsi di Indonesia, seperti Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

“Sementara di wilayah Jawa, masyarakat hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian yang berkisar antara 88 persen. Meski begitu, gerhana matahari merupakan fenomena alam yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja,” ucap Yatni.

Selain beberapa alat pengamatan tadi, pengunjung Observatorium Bosscha juga bisa menyaksikan siaran langsung gerhana matahari total melalui proyektor yang dibuat oleh tim peneliti Observatorium Bosscha. “Rencananya ada beberapa orang peneliti akan datang langsung memantau ke daerah-daerah yang dilintasi gerhana matahari total,” ujarnya.

Dia menambahkan, di Indonesia terdapat beberapa tempat pengamatan antariksa yang juga dibuka untuk umum. Pada 9 Maret nanti, Observatorium Bosscha akan mulai dibuka untuk masyarakat umum sejak pukul 06.30 sampai 09.00 WIB.

“Kami menyiapkan lima lokasi pengamatan, di antaranya Observatorium Bosscha, Poso, Balikpapan, Paser, dan Penajam. Sedangkan, gerhana matahari total terlama di Indonesia akan terjadi di Luwuk, Kabupaten Bangai, Sulawesi Tengah dengan durasi waktu 2 menit 50 detik,” paparnya.

Di Bosscha, lanjut dia, rencananya pengamatan akan digelar di lapangan tenis karena posisinya strategis untuk melihat proses gerhana matahari secara jelas. Masyarakat umum boleh datang ke Bosscha untuk turut mengamati gerhana matahari dan meminjam kacamata gerhana, sebagiannya akan dijual jika masyarakat memang membutuhkan.

 

Editor Bahasa: Agung

(Visited 8 times, 1 visits today)

REKOMENDASI