Bangsa Jin Agamanya Apa?

lampujin

Pak ustadz Aam, ada yang ingin saya tanyakan mengenai mahluk jin.  Mengingat manusia dan jin diciptakan untuk beribadah, berarti bangsa jin pun mempunyai agama. Apakah agama bangsa jin?

 

 

Mari kita cermati ayat berikut,“Katakan (Muhammad), ‘Telah diwahyu kan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan bacaan Al-Qur’an.’ Lalu, mereka berkata, ‘Kami telah mendengar kan ayat-ayat Al Qur’an yang menakjub kan, yang memberi petunjuk pada jalan yang benar, lalu kami mengimaninya dan kami tidak akan mempersekutukan Tuhan dengan sesuatu apa pun.’” (Q.S. Al-Jinn [72]: 1-2)

promooktober

Ayat ini menjelaskan bahwa ketika Rasulullah Saw. membaca Al Qur’an, ada sekelompok jin yang ikut mendengarkan bacaannya, lalu mereka meng imani nya. Kalau mengimani Al-Qur’an, berarti masuk Islam. Jadi, agama mereka adalah Islam dan cara beribadahnya pun secara Islam.

Seperti halnya manusia, jin ada yang saleh dan ada juga yang kufur. “Sungguh di antara kami ada yang saleh dan ada pula yang sebaliknya. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.” (Q.S. Al-Jinn [72]: 11)

Imbalan dan sanksinya pun sama seperti manusia, ada yang masuk surga ada pula yang masuk neraka. Firman-Nya, “Adapun yang menyimpang dari ke benaran, mereka menjadi bahan bakar Jahanam. Sekiranya mereka konsisten berjalan lurus di atas ajaran Islam, pasti Kami akan mencurahkan kepada mereka air (rezeki) yang cukup.” (Q.S. Al-Jinn [72]: 15-16)

Kesimpulannya, agama yang dianut bangsa jin adalah Islam, di antara mereka ada yang saleh ada juga yang kufur. Jin yang saleh masuk surga, sedang kan jin yang kufur menjadi kayu bakar api neraka jahanam. Wallahu A’lam.

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Aplikasi Dakwah Ustadz Aam Amiruddin di Google Playstore  untuk pengguna Android atau di iOS App Store untuk pengguna Apple.

(Visited 47 times, 1 visits today)

REKOMENDASI