Kewajiban Muslim dalam Hadapi Ujian (Bagian II)

Oleh H. Tate Qomaruddin

Melanjutkan tulisan pertama, berikut adalah ujian lainnya yang dihadapai seorang mukmin dalam beribadah, beramal saleh, menegakkan kebenaran, dan menyebarkan kebajikan.

promooktober1

Rongrongan Keluarga
Tidak kalah seriusnya, rintangan justru bisa juga datang dari orang-orang terdekat dan tercinta. Anak, istri, suami, serta ayah atau ibu bisa menjadi aspirasi atau penambah semangat beribadah dan menegakkan kebenaran. Tapi dalam waktu yang sama, mereka juga dapat menjadi penghalang serta pemaling jalan kebenaran, kejujuran, dan ketaatan kepada Allah. Bisikan, tuntutan, atau ambisi-ambisi keluarga boleh jadi menyebabkan seseorang berat untuk melangkahkan kaki dalam melaksanakan perintah-perintah Allah Swt. Oleh karena itu, Allah Swt. mengingatkan orang-orang beriman dalam firmannya,

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu); dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (Q.S. At-Taghaabuun [64]:14-15).

Peran Setan
Yang disebutkan di atas hanyalah penyebutan beberapa contoh ujian kehidupan bagi orang beriman. Tentu saja, setan wajib kita posisikan sebagai musuh nyata dan tantangan abadi bagi orang beriman. Bagi setan, semua ujian yang disebutkan di atas bisa dijadikan senjata untuk menembus jantung pertahanan orang beriman. Senjata-senjata itu akan efektif bila setan berhasil mengendalikan, menggalang kekuatan, dan melakukan kerjasama dengan musuh dalam selimut yang ada pada setiap manusia, yakni hawa nafsu.

Jangan khawatir, kita semua bisa selamat menghadapi berbagai ujian tersebut dan bertahan dari provokasi setan dengan ikhtiar yang optimal. Nah, apa sajakah ikhtiar yang wajib kita lakukan? (Bersambung…)

 

 

 

(Visited 8 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment