Cara Membedakan Orang Berilmu dan Orang Awam

ulama

Ustadz, saya mau bertanya, yang berilmu pasti ada bedanya, saya orang yang awam, yang masih belajar. Bagaimana caranya mengetahui orang yang berilmu ataupun orang yang berilmu atau tidak? Beri contoh yang konkret antara orang yang berilmu atau tidak?

 

Untuk mengetahui orang yang berilmu dan yang tidak berilmu, kita bisa melihat dari muamalahnya. Misalnya, begitu datang ke lapangan untuk melaksanakan salat Idul Adha, orang yang tidak berilmu akan melaksanakan salat. Padahal menurut hadis, tidak ada salat sebelum atau sesudah salat Idul Adha. Sedangkan orang yang berilmu akan langsung duduk begitu datang ke lapangan.

promo oktober

Contoh lain, ketika musim haji, orang yang tidak berilmu pasti akan merasa sangat capek. Karena, mereka kelelahan bolak-balik ke Masjidil Haram untuk salat. Padahal, jika mengikuti sunah Rasulullah, beliau tidak pergi ke Masjidil Haram setelah tanggal 1 Dzulhijah karena Masjidil Haram digunakan untuk tawaf dan sa’i jamaah haji yang baru datang. Jadi, yang berilmu tidak akan merasakan capek karena mengikuti sunah Rasul ini.

Selain itu, ketika melaksanakan sholat di mall misalnya (yang mushollanya sangat kecil), orang yang tidak berilmu akan melanjutkan berzikir dan berdoa setelah salat walaupun mereka melihat banyak orang yang mengantri untuk melaksanakan salat. Sedangkan, mereka yang berilmu pasti setelah selesai salam, langsung pergi atau keluar dari musholla. Dan masih banyak contoh lainnya. Wallahu a’lam.
* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

(Visited 51 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment