Ketika Harus Menjenguk Teman Nonmuslim

jabattangan

Pak ustadz mohon penjelasannya, bagaimanakah cara menjenguk yang Islami itu? Bolehkah akhwat menjenguk ikhwan (atau pun sebaliknya) dan bolehkah menjenguk orang nonmuslim?

 

Saudaraku yang dirahmati Allah, menjenguk orang yang sakit merupakan perwujudan ukhuwah (persaudaraan). Karena itu, Rasulullah Saw. mengumpamakan penjenguk sebagai orang yang berada dalam taman surga yang didoakan ribuan malaikat.

promooktober

Ada pun cara menjenguk yang dicontohkan Rasulullah Saw. adalah sebagai berikut.

  1. Berwudhu sebelum berangkat.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu dengan sebaik-baiknya kemudian menjenguk sesame muslim (yang sedang sakit) karena mengharap ridha Allah Swt., pasti dia akan dijauhkan dari neraka jahannam sejauh tujuh puluh tahun perjalanan.” (H.R. Abu Dawud)

  1. Memberikan optimism (keyakinan akan kesembuhan).

Rasulullah Saw. bersabda, “Jika kamu menjenguk yang sakit, lapangkanlah hatinya. Karena yang demikian itu akan memenangkannya.” (H.R. Tirmidzi)

Ummu Salamah r.a. berkata, Rasulullah Saw. pernah bersabda kepadaku, “Apabila kalian menjenguk orang yang sakit atau meninggal, ucapkanlah yang baik-baik, sebab malaikat mengaminkan apa-apa yang diucapkan olehmu.” (H.R. Tirmidzi)

[AdSense-A]

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 38 times, 1 visits today)

REKOMENDASI