Prof. Rachmat Syafe’i Kembali Pimpin MUI Jabar 2015-2020

Tim formatur Musyawarah Daerah Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat IX yang berlangsung di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor,  Sumedang, menetapkan Prof. Dr. K.H. Rachmat Syafe’i, Lc., M.A.  sebagai Ketua Umum MUI Jabar periode 2015-2020.  Dalam musda yang berakhir Rabu dini hari (27/1/2016) , pemilihan Ketua Umum  menggunakan sistem formatur sebanyak 13 orang.

Menurut Drs. H. Rafani Akyar selaku Ketua Panitia Musda, tim formatur tersebut terdiri dari  tiga orang wakil pengurus MUI Jabar, tiga orang wakil ormas Islam yaitu dari NU, Muhammadiyah, dan Persis, lima orang diambil dari unsur perwakilan MUI kabupaten/kota, dan masing-masing seorang merupakan perwakilan  dari pondok pesantren dan perguruan tinggi Islam di wilayah Jabar.

promooktober1

Ia menambahkan, proses pemilihan ketua umum dalam lingkup MUI khususnya Jabar berbeda dengan cara yang dilakukan oleh ormas atau organisasi lainnya di mana menggunakan suara terbanyak atau voting. MUI sendiri berupaya untuk menggunakan sistem syura untuk menetapkan seorang ketua umum.

Alhamdulillah semua berjalan lancar dan mayoritas peserta musda menyepakatinya serta tidak memunculkan calon lainnya. Dengan demikian, beliau dipilih atau ditetapkan secara aklamasi. Kita (MUI) bukan parpol jadi soal kedudukan ketua umum tidak jadi rebutan. Semoga ini bisa menjadi contoh baik bagi ummat,” harapnya.

Rachmat Syafe’i yang juga Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini sebelumnya menggantikan Ketua Umum MUI Jabar, almarhum K.H. Hafizh Utsman (75), yang wafat pada 20 Oktober 2014  lalu sepulang menunaikan ibadah haji. Pengurus MUI Jabar kemudian memilih Rachmat Syafe’i untuk mengisi kekosongan Ketua Umum yang ditinggalkan K.H. Hafizh Utsman hingga masa kepengurusannya berakhir pada 2015.

Musda yang berlangsung sejak Senin hingga Rabu (25-27/1/2016)  dibuka Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada Senin malam. Musda yang mengusung tema “Islam Wasathiyah untuk Jawa Barat yang Lebih Maju” diikuti oleh 225 peserta yang berasal dari pengurus MUI Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat serta perwakilan ormas Islam dan perguruan tinggi Islam di Jawa Barat. [ ]

Red & Foto : Iman

Editor: Candra 

Editor Bahasa: Agung

(Visited 29 times, 1 visits today)

REKOMENDASI