11 Kiat agar Tidur Bernilai Ibadah

0
106

7. Perbanyak mengingat Allah.
Hal ini dapat dilakukan dengan melafazkan zikir, doa (sebelum tidur), serta ayat-ayat Al-Quran.

“Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, ‘Barangsiapa yang hendak tidur di tempat tidurnya tanpa berdzikir kepada Allah Swt. maka Allah Swt. akan menjauh darinya di hari kiamat. Dan barang siapa yang duduk pada suatu tempat duduk dan tidak berdzikir kepada Allah aza wajalla, kecuali Allah akan menjauh darinya pada hari kiamat.’” (H.R. Abu Daud oleh Al-Albani Rahimahullah)

iklan

Doa sebelum tidur:
Bismika allohumma ahyaa wa amuutu
“Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan aku mati.” (H.R. Muslim dan Abu Dawud)

8. Jangan tidur di atas rumah tanpa penutup.
“Dalam hadits yang bersumber dari Ali bin Syaiban r.a. disebutkan bahwasannya Nabi Saw. telah bersabda, ‘Barangsiapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya.’” (H.R. Bukhari)

9. Larangan tidur satu selimut.
“Dari Abu Said Al-Khudry dari bapaknya bahwasannya Rasulullah bersabda, ‘Janganlah pria melihat aurat pria yang lain dan janganlah seorang wanita melihat aurat wanita yang lain, dan janganlah pria berkumpul dengan pria lain dalam satu selimut, dan janganlah wanita berkumpul dengan wanita lain dalam satu selimut.’” (H.R. Muslim dan Tirmidzi)

10. Ketika mimpi buruk.
“Dari Abu Qatadah, beliau berkata, Nabi Saw. bersabda, ‘Mimpi yang baik (ar-ru’ya ash-shalihah) itu asalnya dari Allah sedangkan mimpi biasa itu datangnya dari setan. Maka bila salah seorang dari kalian bermimpi yang menakutkan maka hendaklah ia meludah ke sebelah kirinya, dan mohonlah perlindungan kepada Allah dari kejelekan-kejelekannya, sehingga tidak akan dapat memudharatkanmu.’” (H.R. Bukhari, Muslim, Ahmad, Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, Malik, dan Ad-Darimi)

11. Ketika bangun tidur.
Bersyukurlah bahwa Allah Swt. masih memberi kesempatan untuk menghirup segarnya udara pagi ini. Sampaikan rasa syukur itu dengan berdoa:
Alhamdulillaahi-lladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihi-nnusuur
“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nyalah kami kembali.” (H.R. Muslim)

Jadi, selamat tidur. Semoga tidur Anda malam ini berkualitas spiritual. Amin. [Muslik]