11 Kiat agar Tidur Bernilai Ibadah

0
106

3. Berwudhu sebelum tidur.
“Berkata Al-Barra bin Azib r.a., Bersabda Rasulullah Saw., ‘Jika engkau mendatangi tempat tidurmu maka hendaklah berwudhu sebagaimana wudhumu ketika hendak shalat…’” (H.R. Bukhari dan Muslim). Lebih jauh, hadits ini mengisyaratkan kita untuk membersihkan diri terlebih dahulu sebelum tidur dengan mandi, mencuci muka, serta menggosok gigi.

4. Membersihkan/mengibaskan sprei/alas tidur.
“Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda, ‘Apabila seorang dari kalian akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengirapkan (dalam hadits lain disebutkan tiga kali) kain tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya.’” (H.R. Muttafaq Alaih)

iklan

5. Muhasabah.
Ini sangat dianjurkan mengingat dalam aktivitas sepanjang hari sangat mungkin kita melakukan dosa dan kesalahan. Renungkanlah semua yang telah kita lakukan untuk diperbaiki di keesokan hari. Ya, kalau muhasabah bisa dilakukan setiap menjelang tidur, lantas mengapa kita harus menundanya sampai jangka waktu tertentu semisal di akhir tahun?

6. Posisi tidur.
Miring ke sebelah kanan, letakkan tangan kanan di bawah pipi, dan tidak boleh tidur tengkurap.

“Berkata Al-Barra bin Azib r.a., bersabda Rasulullah Saw., ‘Jika engkau mendatangi tempat tidurmu maka… tidurlah di atas rusuk sebelah kanan kalian…’” (H.R. Bukhari dan Muslim)

“Jika seorang datang ke tempat tidurnya, letakkanlah tangannya yang kanan di bawah pipinya.” (H.R. Bukhari dan Ahmad)

“Abu Dzar menuturkan, Nabi Saw. pernah lewat di dekatku, di saat itu aku sedang tengkurap, maka Nabi membangunkanku dengan kakinya sambil bersabda, ‘Wahai Junaidab (panggilan Abu Dzar), sesungguhnya berbaring seperti ini (tengkurap) adalah cara berbaringnya penghuni neraka.’” (H.R. Ibnu Majah dan dinilai shahih oleh Al-Albani)

HALAMAN SELANJUTNYA…>>