11 Kiat agar Tidur Bernilai Ibadah

kamar tidur

PAKAR kecantikan mengatakan bahwa tidur adalah salah satu ritual untuk menjaga kecantikan. Pakar kesehatan berpendapat bahwa tidur adalah bentuk istirahat yang paling efektif guna melepaskan lelah setelah seharian beraktivitas. Sementara itu, penderita insomnia menganggap tidur adalah sebuah kemewahan yang tidak dapat mereka nikmati dengan begitu saja.

Sebagai seorang muslim, sadarkah Anda bahwa Islam memaknai tidur lebih dari itu semua. Tidur dapat juga dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips tidur berkualitas spiritual yang dapat Anda lakukan.

promooktober

1. Pastikan rumah telah aman.
Kunci semua pintu dan jendela. Matikan juga api (kompor) dan lampu-lampu yang tidak diperlukan.

“Dari Jabir r.a. diriwayatkan bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw. telah bersabda, ‘Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman.’” (H.R. Muttafaq Alaih)

2. Tidur lebih awal.
Ini ditujukan agar kita bisa terbangun di sepertiga malam terakhir untuk melaksanakan shalat Tahajud. Sebuah hadits yang bersumber dari Aisyah menyebutkan, “Bahwasannya Rasulullah Saw. tidur pada awal malam dan bangun pada penghujung malam, lalu beliau melakukan shalat.” (H.R. Muttafaq Alaih)

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 50 times, 1 visits today)

REKOMENDASI