Ba’da Subuh Nanti, Yuk Lihat 5 Planet Sejajar di Langit

Fenomena benda-benda di langit yang menakjubkan kembali dapat disaksikan oleh masyarakat di Indonesia.  Kali ini, pecinta astronomi dapat menyaksikan penampakan lima planet sejajar di langit membentuk satu garis lurus sesaat sebelum matahari terbit di ufuk Timur.

Menurut keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena planet sejajar di langit membentuk satu garis lurus dapat dinikmati sampai akhir Februari 2016.

promooktober

“Fenomena ini bisa dinikmati hingga akhir Februari 2016,” tutur Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Kamis (21/1/2016).

“Seluruh dunia bisa mengamatinya sebelum matahari terbit. Sekitar pukul 04.30 WIB,” ujarnya.

Kabar baiknya, pengamatan benda langit ini dapat dilakukan dengan mata telanjang, tanpa bantuan teropong ataupun teleskop, terutama untuk empat planet yaitu Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. “Kecuali Merkurius yang redup sekali,” jelasnya.

Menurutnya, fenomena langka tersebut bisa juga dilihat oleh masyarakat di Indonesia dengan cara melihat ke arah timur.
“Lima planet terlihat pada satu kesempatan ini memang jarang,” jelasnya.

Planet yang dapat terlihat adalah Merkurius, lalu lebih tinggi lagi akan ada bintang terang Venus, lalu Saturnus, kemudian Mars, selanjutnya Jupiter.  Jadi, jangan lewatkan kesempatan langka ini. Yuk kita saksikan fenomena ini setelah selesai salat subuh.

Sumber: bisnis
Editor Bahasa: Agung

Foto Ilustrasi: “Zonnestelsel 10.347au” by The original uploader was Bartux at Dutch Wikipedia – Transferred from nl.wikipedia to Commons by Koektrommel using CommonsHelper.. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

(Visited 62 times, 1 visits today)

REKOMENDASI