Ancaman Bagi Pengintimidasi Orang Beriman (Tafsir QS. Al-Buruuj Ayat 8-10)

masjid

Pada surat Al-Buruuj ayat berikutnya yaitu ayat 8 dan 9,  Allah swt. menjelaskan mengapa mereka sampai dibakar hidup-hidup oleh raja yang zalim itu?

وَمَا نَقَمُوا مِنْهُمْ إِلَّا أَن يُؤْمِنُوا بِاللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ

promooktober

الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍشَهِيدٌ
8. Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji,

9. Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.

Ayat ini memberi penegasan alasan orang-orang beriman itu diteror dan diintimidasi.  Hal ini terjadi disebabkan mereka beriman pada Allah dengan sungguh-sungguh, mereka siap menerima risiko apa pun. Inilah keimanan yang sesungguhnya, yakni siap menerima risiko.

Pada ayat lain Allah swt. berfirman, ”Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan  mengatakan, “Kami telah beriman,” Sedang mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Q.S. Al Ankabut 29: 2-3). ”Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, …” (Q.S. Muhammad 47: 31)

إِنَّ الَّذِينَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوبُوا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ

10. Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan  kepada orang-orang yang mu’min laki-laki dan perempuan kemudian mereka tidak bertaubat, maka bagi mereka azab Jahannam dan bagi mereka azab  yang membakar.

Ayat ini mengandung dua misi, yaitu ancaman dan kabar gembira. Ayat ini merupakan ancaman bagi orang-orang yang berani meneror dan mengintimidasi orang-orang beriman bahwa mereka akan diazab dengan Jahanam yang sangat menyakitkan. Namun dalam ayat ini pun ada kabar gembira bahwa Allah akan mengampuni orang-orang yang mau bertaubat.

Jadi kalau ada orang yang pernah mengintimidasi orang beriman, lalu mereka sadar akan segala dosa dan kesalahannya, maka pintu maaf Allah terbuka lebar. Kabar gembira ini berlaku bagi siapa pun yang pernah berbuat maksiat, apa pun jenis dosa dan maksiat yang pernah diperbuatnya, pasti Allah swt. akan mengampuni kesalahannya selama taubatnya dilakukan dengan kesungguhan.

”Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang sungguh-sungguh. Mudah-mudahan Tuhanmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai…” (Q.S. At-Tahrim 66: 8). ”Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.” (Q.S. Al Furqan 25: 71).

Semoga Allah swt. memberi kekuatan pada kita untuk selalu bertaubat kepada-Nya dengan sungguh-sungguh. Amin.

 

AYAT SELANJUTNYA…>>

(Visited 1 times, 1 visits today)

REKOMENDASI