Apa Hukumnya Ceraikan Istri Yang Sedang Sakit?

cincin, cerai, maskawin

Ustadz, ada seorang perempuan diperkosa oleh seorang pengidap HIV/AIDS yang mengakibatkan perempuan tersebut tertular. Tragisnya, suaminya akan menceraikannya. Mohon penjelasan.

 

Seorang suami sebenarnya diperbolehkan menceraikan istri kalau istri melakukan nusyuz. Nusyuz artinya istri tidak melaksanakan kewajibannya, seperti tidak taat pada perintah suami padahal perintah suami itu benar, tidak merawat dan mendidik anak-anak, hidup boros hingga rumah tangga terlilit utang yang hebat, dan tidak mau melayani suami padahal istri mampu melaksanakannya. Apabila seorang istri melakukan salah satu yang disebutkan tadi, suami bisa menceraikan istrinya, tentu saja setelah menasihati dan mengingatkannya.

promooktober

Bagaimana apabila istri mengidap HIV/AIDS karena diperkosa? Tentu saja seorang suami wajib melindungi istrinya karena dia terkena musibah, bukan malah menceraikannya. Menolong orang lain merupakan amalan mulia, apalagi yang ditolong dan dilindungi adalah istrinya, tentu lebih mulia lagi.

… Dan perlakukanlah istri dengan baik. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, maka bersabarlah karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak” (Q.S. An-Nisaa’ [4]: 19).

Ayat ini menegaskan bahwa suami harus memperlakukan istri dengan baik, penuh cinta, dan kelembutan. Sungguh suatu kedzaliman apabila seorang suami menceraikan istri yang terkena musibah. Wallahu a’lam

***

[AdSense-A]

(Visited 185 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment