Cara Sederhana Ini Dapat Melanggengkan Rumah Tangga Anda

rumah tangga

PERCIKANIMAN.ID – Mempunyai keluarga yang sakinah, mawadah dan penuh rahmat tentu menjadi keinginan semua orang, termasuk orang nonmuslim sekali pun. Salah satu kebahagian hidup adalah mempunyai kehidupan rumah tangga yang harmonis dari awal pernikahan hingga ajal yang memisahkan. Namun tentu saja dalam membangun rumah tangga tidak cukup hanya satu atau dua tahun saja sehingga dalam perjalanannya pasti ada onak duri atau badai yang menghadang.

Ada beberapa tips agar rumah tangga tetap langgeng atau awet hingga menjadi kakek dan nenek dan hanya kematian saja yang memisahkannya:

promo oktober
  1. Selalu Bersyukur.

Selalu bersyukur adalah salah satu kunci menjalani dan menikmati hidup,apa pun yang kita terima,termasuk dalam hidup berumah tangga. Pasangan hidup kita saat ini tentu bukanlah impian ideal sebelumnya,namun kini ia telah menjadi pasangan yang harus kita syukuri.

”….Sesungguhnya, jika kamu ber­syukur, niscaya Aku akan me­nambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu meng­ingkari nikmat-Ku, pasti azab-Ku sa­ngat berat.” (QS.Ibrahim: 7)

  1. Senantiasa Bersabar

Ada kata-kata bijak bahwa hidup itu bukan yang kita inginkan,akan tetapi apa yang kita jalani. Hidup dalam berumahtangga tentu tidak selamanya penuh kesenangan saja,sesekali pasti ada susahnya. Kita yakini bahwa senang dan susah adalah ujian semata.

Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,” (QS.Al Baqarah: 155)

  1. Bertawakal

Dalam hidup berumah tangga pasti ada keinginan yang hendak dicapai bersama baik berupa materi atau keturunan. Namun acap kali usaha yang telah dilakukan tak sebanding dengan hasilnya. Jika demikian maka sebagai seorang muslim tidak boleh berputus asa. Ketika ikhtiar telah ditempuh dan doa telah dipanjatkan maka saatnya bertawakal kepada Allah.

“Kemudian, apabila kamu telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah mencintai orang yang bertawakal. (QS.Ali Imran: 159)

4. Bermusyawarah

Rumah tangga yang harmonis bukan berarti yang lurus dan mulus tanpa masalah. Rumah tangga tanpa masalah mesti kecil hanyalah terjadi dalam dongeng atau sinetron belaka. Jika ada masalah atau akan memutuskan suatu rencena maka musyawarah adalah jalan terbaik untuk mencari solusi. Karena hidup berumah tangga tidak sendiri maka kurang bijak jika segala sesuatu hanya diputuskan sendirian

“…dan bagi orang-orang yang mematuhi seruan Tuhan dan melaksanakan salat, serta memutuskan urusan mereka dengan musyawarah antara mereka. Mereka menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS.Asy Syuraa: 38)

  1. Tolong Menolong Dalam Kebaikan.

Mungkin sebelum menikah ada kebiasaan pasangan yang positif seperti kegiatan sosial atau ibadah sunnah yang terus dikerjakan. Tidak ada salahnya ketika sudah berumah tangga kebiasaan baik ini melibatkan atau mengajak kepada pasangan.

Tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, serta jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan”. (QS.Al Maidah: 2)

  1. Memenuhi Janji.

Sebelum menikah atau diawal pernikahan munkin pasangan anda pernah berjanji untuk menyenangkan hatinya dan memberikan kebahagiaan. Jika itu dirasa sudah mampu untuk dipenuhi maka sebaiknya segeralah memenuhinya sehingga ia tidak menunggu-nunggu. Namun jika belum sanggup maka komunikasikan dengan bijak dan alasan yang masuk akal,pasangan pun harus bisa saling mengerti dan memahaminya.

“Hai, orang-orang beriman! Penuhilah janji-janji (QS.Al Maidah: 1)

Disarikan dari buku “Membingkai Surga Dalam Rumah Tangga” karya ustadz Dr.H.Aam Amiruddin.

Red: Iman

(Visited 38 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment