Tahun 2016 Lebih Banyak Hari Libur?

Liburan panjang akhir tahun baru saja berlalu.  Sobat MapiOnline kini sudah kembali sibuk beraktivitas seperti biasa.  Ada yang bekerja sebagai PNS atau pegawai swasta di kantor, berniaga atau wirausaha, atau melakukan tugas-tugas lain yang tentunya bermanfaat.

Walaupun liburan telah berlalu, di awal tahun 2016 ini tak ada salahnya kita menengok jadwal hari libur sepanjang tahun. Ini akan penting dalam merencanakan segala aktivitas dan jadwal pekerjaan sobat semua. Kabar baiknya  pada 2016 ini pemerintah telah menetapkan 19 hari libur nasional dan cuti bersama.

promo oktober

Jadwal libur nasional dan cuti bersama ini telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yaitu; Menteri Agama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Dalam  SKB itu, tercatat 15 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama. Jumlah hari libur ini sejatinya sama dengan 2015. Namun bila dilihat secara detail, libur dan cuti bersama kali ini bertepatan dengan akhir pekan, sehingga kemungkinan besar bakal lebih panjang lagi.

Misalnya untuk libur Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 6-7 Juli (Rabu-Kamis). Pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada tanggal 4,5 dan 8 Juli (Senin-Selasa dan Jumat). Namun jika melihat kalender, untuk PNS ternyata sudah libur sejak tanggal 2 Juli (Sabtu). Sehingga, total libur Lebaran sebanyak 9 hari berturut-turut, mulai tanggal 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 Juli (Sabtu-Minggu-Senin-Selasa-Rabu-Kamis-Jumat-Sabtu-Minggu).

Selain itu banyak lagi libur nasional yang bertepatan dengan hari libur. Paling dekat libur nasional Imlek pada 8 Februari nanti yang jatuh pada hari Senin. Artinya, untuk PNS bisa libur selama tiga hari berturut-turut sejak 6, 7, 8 Juli (Sabtu-Minggu-Senin).

Nah Sobat  MapiOnline, semoga dengan telah ditetapkannya hari libur nasional ini mudah-mudahan jadwal dan aktivitas sobat akan lebih terencana dengan baik.  Dan yang pasti, semoga kita dapat mengisi hari tersebut dengan hal-hal yang bermanfaat dan tentunya  ibadah kepada Allah.  Bukankah waktu yang diberikan kepada kita ini sangatlah sempit dan tidak akan dapat terulang? Semoga kita selalu mendapatkan petunjuk dari Allah untuk  memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, apakah itu di saat sibuk maupun luang. Amiiin Ya Robbal A’lamin.

Editor Bahasa: Desi

(Visited 8 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment