Pakai Trik Ini Agar Tidak Lupa Nama Orang

Pernahkan sobat MapiOnline merasa kesulitan mengingat nama seseorang, padahal orang tersebut belum lama berkenalan? Ya, Anda tidak sendirian. Kesalahan menyebut atau sulit mengingat nama adalah salah satu kekurangan manusia yang paling umum.  Namun menurut para ahli ada cara untuk mencegah kesulitan mengingat tersebut.

Mengapa kita bisa lupa nama-nama orang ketika pertama berkenalan dengan mereka? Menurut kajian para ahli, untuk memahami jawabannya, kita  harus menyadari bahwa memori bukan sekedar sistem filter yang sederhana berupa kotak-kotak warna-warni tertulis “Nama”. Namun, memori manusia ini sesuatu yang sifatnya asosiatif.  Artinya, daya ingat kita dibangun oleh pola-pola yang saling berkaitan dan terhubung dengan informasi. Ini pula yang menjadi alasan mengapa manusia sering berkhayal.

iklan donasi pustaka2

Mari kita jelaskan dengan sebuah contoh.  Sobat Mapi menyadari kalau buku yang sedang dibaca diterbitkan oleh sebuah perusahaan di Bandung dan Anda tahu kalau Bandung adalah tempat di mana ada Gedung Merdeka. Dan Anda pun tahu bahwa sepupu Anda mengunjungi tempat itu musim liburan tahun lalu.  Dan kebetulan sepupu Anda menyukai batagor. Anggaplah kemudian Anda berpikir, apakah sepupu Anda kira-kira makan batagor ketika berada di Gedung Merdeka?

Semua akan berlanjut seperti itu, setiap informasi saling terhubung, tidak secara logis tetapi secara kebetulan melalui waktu, tempat dan bagaimana Anda mengetahui informasi tersebut dan maknanya. Dengan jaringan asosiatif ini, berarti Anda bisa menebak pertanyaan dari jawabannya. Misalnya untuk jawaban: “Gedung Merdeka”, pertanyaannya adalah, “Tempat Berlangsungnya Konferensi Asia Afrika.” Ini membuat ingatan berguna karena Anda bisa mudah mengambil konten dari label dan sebaliknya

Jadi ingatan dibentuk seperti ini dengan sebuah alasan. Alhasil, sekarang kita bisa melihat alasan kenapa kita melupakan nama. Ingatan kita hebat, tapi hanya merespons seberapa banyak asosiasi yang dibuat dengan informasi baru, bukan dengan fakta seberapa besar keinginan kita untuk mengingatnya.

Ketika Anda berkenalan dengan seseorang, Anda kemudian mengetahui namanya. Namun untuk memori Anda, hal itu mungkin hanyalah sebuah informasi yang tidak terkait dengan apapun yang sudah Anda ketahui, dan tidak terkait dengan hal-hal lain mengenai orang tersebut yang kemudian Anda ketahui. Setelah perbincangan, barulah Anda kemudian dapat mengetahui pekerjaan orang tersebut, hobinya, keluarganya atau apapun, semua informasi ini menjadi berkaitan di memori Anda.

Kata para ahli, ada beberapa cara agar kita tidak lupa dengan nama seseorang.  Pertama, Anda harus menyebut ulang nama yang disebut. Latihan adalah salah satu aturan dari belajar dan latihan yang lebih sering membuat ingatan lebih kuat.  Kedua, Anda harus mengaitkan nama yang baru Anda pelajari dengan sesuatu yang sudah Anda ketahui. Tidak masalah apakah itu suatu yang sangat aneh, tapi hal ini penting agar Anda menemukan koneksi untuk membiarkannya terekam dalam ingatan Anda. Terakhir, Anda harus menghubungkan nama seorang dengan suatu mengenai orang tersebut. (sumber : BBC)

Ilustrasi Foto : “Brain memory” by This illustration was made by (User:Royonx) and released under the license(s) stated above. You are free to use it for any purpose as long as you credit me and follow the terms of the license.Example :  © Michel Royon / Wikimedia CommonsIf you use this image outside of the Wikimedia projects, I would be happy to hear from you par courriel ( royonx gmail.com). Thanks !Ce message en françaisOwn work. Licensed under CC0 via Wikimedia Commons.

(Visited 9 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment