Mengucapkan Selamat Natal, Bagaimana Hukumnya?

selamatnatal

Pak ustadz yang saya hormati, bagaimana hukumnya apabila kita mengucapkan selamat hari raya Natal kepada saudara saya yang memeluk agama Kristen.  Apakah kita diperbolehkan menyampaikan ucapan selamat hari raya kepada pemeluk agama lain? Apabila kita juga ingin menyampaikannya melalui pesan singkat seperti SMS atau BBM, bagaimana hukumnya?  Mohon penjelasannya. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

(Nunung, Sumedang)


Islam mengajarkan bahwa kepada siapapun kita harus menjalin hubungan yang baik dan menjaga hubungan tersebut. Bahkan kepada orang yang kita tidak sukai sekalipun, kita harus tetap berlaku adil.  Allah telah menjelaskan dalam Q.S Al-Maidah [5] : 8,  di ayat tersebut digambarkan kepada siapapun kita harus berlaku adil dan bersikap baik.

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dengan menyimak ayat tersebut, kita telah diperintahkan untuk berbuat baik, jujur dan adil kepada siapapun, termasuk kepada saudara  kita yang non muslim.

promooktober1

Namun demikian,  apabila kita simak dalam  Q.S   Al-Kafirun  [109}: (1-6) :

Katakanlah: “Hai orang-orang kafir,
Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.
Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”.

Dalam surat tersebut dijelaskan kepada kita, untuk urusan duniawi kita boleh berbaur dengan pemeluk agama lain, misalnya dalam berbisnis atau bekerjasama.  Selama tidak ada kaitan dengan masalah keburukan, hal itu tidak menjadi masalah. Selama kerjasama itu tidak mengandung dosa dan maksiat, tidak ada larangan dari agama kita untuk membantu dan bekerja sama dengan yang lain.  Jadi, berbuat baik kepada non muslim itu wajib dari sisi kemanusiaan.

Tetapi dalam surat Al kafirun itu jelas, bahwa kalau urusannya  terkait agama,  ibadah atau ritual,  tentu kita harus bedakan.  Dalam hal ini, umat muslim tidak perlu dan tidak boleh ikut campur dalam ibadah termasuk perayaan Natal. Di sini sudah jelas aturannya.

Oleh sebab itu, Almarhum Professor Dr Buya Hamka ketika menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia, beliau mengeluarkan fatwa bahwa umat islam tidak boleh mengucapkan selamat natal kepada umat kristiani.  Alasan beliau karena mengucapkan selamat ini terkait dengan urusan ibadah. Fatwa itu menegaskan bahwa mengucapkan selamat Natal ini termasuk dalam ibadah umat Kristiani.

Kita umat Islam Indonesia sangat mengenal beliau sebagai ulama yang memiliki kapasitas ilmiah yang tidak perlu diragukan.  Saat beliau menjabat,  fatwa tersebut dikeluarkan oleh MUI dan sepengetahuan saya fatwa ini tidak pernah dicabut oleh MUI sampai saat ini.

Lalu bagaimana cara kita menghormati sudara kita yang merayakan Natal? Kalaupun kita mau menguucapkan, kita tidak perlu mengucapkan Natal,  melainkan cukup  dengan mengucapkan Selamat Tahun Baru. Karena ucapan selamat baru bersifat netral dan tidak mengandung unsur ritual.  Ucapan selamat tahun baru terkait dengan masalah waktu, dan waktu ini milik siapa pun, bukan seperti ucapan selamat Natal yang jelas terkait unsur ritual atau ibadah.

Demikian pula ketika kita diundang oleh teman non muslim ke acara atau pesta pernikahan. Kita boleh datang pada saat pesta atau resepsi yang bersifat netral.  Yang tidak boleh itu kita datang pada saat acara pemberkatan di gereja, karena acara ini adalah ritual ibadah.   Semoga penjelasan ini dapat menjawab pertanyaan soal ucapan Natal.  Wallahu’alambishawab.

 

* Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email [email protected] atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

 

(Visited 6 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment