Ingin Sehat dan Awet Muda ? Coba Resep Mudah Ini

 Oleh: Lingga*

Mempunyai tubuh yang sehat apalagi ditambah awet muda tentu menjadi impian sebagian besar orang. Untuk mempunyai dua hal ini,raga, cara dan usaha dilakukan orang,dari yang murah sampai yang mahal, dari yang sederhana hingga yang rumit,dari yang tradisional hingga modern. Beberapa teori mengungkapkan bahwa rahasia awet muda dan panjang umur sangat bergantung dari asupan makanan dan kandungan gizi. Biasanya, orang-orang dengan taraf gizi rendah memiliki harapan hidup rendah pula. Di lain pihak, orang yang memiliki kelebihan gizi juga akan mengalami percepatan proses menua. Dari penelitian terhadap tikus membuktikan, mengurangi sedikit makanan membuatnya panjang umur.

Penelitian terhadap komunitas panjang umur seperti penduduk Kaukasus di Georgia, Vilcahamba di Equador, dan Hunza di Himalaya membuktikan hal yang sama. Mereka mencapai usia panjang karena memiliki nilai kalori rendah (di bawah 2000 kalori), banyak makan serat, protein rendah tapi tidak kurang, dan konsumsi lemak jenuh yang rendah. Resep awet muda dan panjang umur ternyata sangat mudah, murah, sederhana, serta dapat langsung kita praktikkan.

Penasaran? Resep-resep itu di antaranya:

  1. Terapi Air

Meminum air putih biasa dengan metode yang benar, dapat memurnikan tubuh. Hal ini membuat usus besar bekerja dengan efektif dengan cara membentuk darah baru –dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Bila usus bersih, gizi makanan yang dikonsumsi dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan.

donasi perpustakaan masjid

Caranya, ketika kita bangun tidur (bahkan tanpa menggosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1,5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas, dan usahakan jangan minum atau makan satu jam sebelum dan sesudah minum. Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum air sebanyak ini sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa. Anda mungkin akan buang air 2 sampai 3 kali dalam satu jam.

2. Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Andang Nugraha dalam Majalah Nirmala menyebutkan bahwa toksin atau racun bukan hanya ampas dari makanan yang kita cerna, tetapi bisa juga berasal dari udara, kimia seperti pestisida, logam berat pada air, residu obat-obat farmasi, dan sebagainya. Bahkan pikiran dan emosi negatif juga merupakan racun bagi sel-sel tubuh kita. Semua ampas atau zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan diperlakukan sebagai toksin (racun) atau penyakit.

Ampas toksin juga diproduksi secara alami oleh tubuh. Ini merupakan proses metabolisme di mana setiap hari terdapat pembelahan sel-sel baru, sementara itu sel-sel lama akan menjadi aus dan mati. Dalam kondisi normal, ampas akan dikeluarkan secara teratur setiap harinya melalui sistem pembuangan tubuh. Buang air besar setiap hari bukanlah jaminan bahwa proses pembuangan kita normal. Penyakit terjadi apabila proses pembuangan tidak optimal dan toksin mulai merusak jaringan organ-organ vital. Dan metode-metode yang dapat kita lakukan untuk mengeluarkan toksin dari tubuh adalah dengan cara:

3.  Puasa

Puasa merupakan salah satu metode detoksifikasi yang paling tua. Puasa yang kita lakukan dapat membantu tubuh membuang sel-sel yang sudah rusak atau mati, sekaligus membuang sel-sel, hormon, ataupun zat-zat yang melebihi jumlah yang diperlukan tubuh. Puasa yang kita lakukan selama hampir 14 jam merupakan metode yang paling baik dan efektif untuk sistem pengeluaran toksin dari tubuh dan membangun kembali sel-sel baru untuk tubuh. Rasa lapar pada saat kita berpuasa akan menggerakkan organ-organ internal di dalam tubuh untuk menghancurkan atau memakan sel-sel yang rusak atau lemah untuk menutupi rasa lapar. Maka hal itu merupakan saat yang bagus bagi badan untuk mengganti sel lama dengan yang baru sehingga bisa kembali berfungsi dan beraktivitas. Hal tersebut juga dapat menghilangkan atau memakan organ-organ yang sakit dan memperbaharuinya. Puasa juga berfungsi menjaga badan dari berbagai penambahan zat-zat berbahaya, seperti kelebihan kalsium, kelebihan daging, dan kelebihan lemak.

Puasa juga bermanfaat membantu mencegah tumor, menjaga kadar gula dalam darah, mencegah pembekuan jantung dan otak, dan mencegah penyakit persendian tulang. Bahkan puasa dapat mengobati penyakit kulit. Hal ini terjadi karena dengan puasa kandungan air dalam darah berkurang maka kadar air di kulit juga berkurang dan akan mempengaruhi kekuatan kulit dalam melawan mikroba dan penyakit mikroba dalam perut, meminimalisir penyebaran penyakit kulit keseluruh tubuh, dan meminimalisir alergi kulit dan membatasi masalah kulit berlemak.

  1. Tanaman Herbal dan Obat

Salah satu tanaman herbal yang dapat kita manfaatkan untuk membantu mengeluarkan toksin dari tubuh adalah antanan. Umumnya, antanan berupa tanaman herba yang ada sepanjang tahun, tumbuh liar di tanah lembap, seperti di pematang atau galangan sawah, tebing tanah serta tempat-tempat lain yang basah atau lembap. Tumbuhan ini berbatang merayap, banyak menghasilkan cabang, dan membentuk rumpun.

Di dalam buku “Tanaman Berkhasiat Obat Indonesia” yang disusun Prof. Hembing Wijayakusumah (Pustaka Kartini, 1992), antanan atau pegagan atau ji xue cao mengandung senyawa-senyawa berkhasiat obat, misalnya asiatikosida (triterpenoids), karotenoids, asam madasiatika, mesoinositol, serta sederet garam-garam mineral bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Sehingga tidak heran jika tanaman ini digunakan di banyak kawasan Asia dan Afrika untuk menangkal penyakit lepra, campak, hepatitis, demam, bronhitis, radang amandel, keracunan logam berat, muntah darah, wasir, cacingan, dan sebagainya. Bahkan, dalam buku “Obat Asli Indonesia”, susunan Dr. Seno-Sastroamijoyo (1962) diuraikan bahwa antanan memiliki khasiat paling tinggi di antara tanaman berkhasiat obat, untuk memperkuat lambung dan menambah nafsu makan, obat luka, obat batuk dan flu, obat sakit perut dan cacingan, membersihkan darah, bahkan sampai obat kencing darah dan koreng. Caranya adalah dengan mengonsumsinya langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Selain digunakan secara langsung, tanaman herbal dan obat juga dapat dicampur dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tanaman herbal atau obat yang biasanya telah diolah dapat berupa estrak bubuk, cairan, pil, tablet, dan bubur. Setiap bentuk mwmiliki fungsi dan tujuan spesifiknya. Salah satu cara terbaik untuk memperkuat ketahanan tubuh adalah mengonsumsi tanaman obat yang dimasak bersama makanan. Campuran tanaman khusus yang dapat kita gunakan di antaranya: Ycii berry, astrgalus, jujube dates, ubi jalar cina, biji teratai, atau serbuk sari lily.

  1. Senyum

Ketika kita tersenyum, baik dalam keadaan gembira maupun sedang bersedih, maka otak tetap akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sekaligus memberi daya angkat bagi kondisi psikologis seseorang. Lebih menakjubkan lagi, dari riset itu juga diketahui bahwa walaupun hanya diinstruksikan menampilkan wajah yang tersenyum –berpura-pura bahagia—seseorang akan memperoleh manfaat psikologis yang sama dengan orang yang sungguh-sungguh tersenyum. Inilah yang membuat proses penuaan seseorang menjadi terhambat.

Menurut para ahli, manfaat senyuman akan berlipat bila ditambahkan dengan tawa. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, terungkap bahwa seorang anak dapat tertawa rata-rata 400 kali dalam sehari. Sedang orang dewasa hanya tertawa 15 kali saja dalam sehari. Itu berarti, manusia dewasa kehilangan 385 tawa seiring dengan bertambahnya umur. Sebuah studi yang dilakukan William Fry, M.D., profesor dari Stanford University, menunjukkan bahwa tertawa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang membantu perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Menurut para ahli itu, 20 menit tertawa, setingkat dengan lima menit aerobik dalam gerakan mendayung. Wallahu’alam. [ ]

*Penulis adalah ibu rumah tangga dan penulis buku.

Editor: Iman

Ilustrasi foto: Norman

Sobat Mapi  punya hobi menulis dan ingin karya tulis Anda dimuat di MapiOnline.com? Kirimkan tulisan anda ke email: [email protected].  Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh. Gabunglah bersama kami. Info lengkapnya di sini

 

kalender

 

           

(Visited 34 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment