6 Cara Mudah Atasi Perut Kembung

Perut kembung adalah keluhan yang hampir dialami setiap orang. Kembung merupakan pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter di daerah perut sehingga perut terasa sangat penuh dan sakit.

Banyak penyebab perut kembung, termasuk diet, sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, refluks, dan sembelit. Bila perut kembung terus menjadi masalah rutin buat Anda, ikuti beberapa tips dibawah ini untuk  mengalahkan perasaan kembung tersebut :

1. Kurangi asupan garam. Caranya, mulailah lebih sering  mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses. Banyak produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam. Misalnya, daging segar jauh lebih rendah kandungan garam bila dibandingkan dengan versi olahan seperti ham, sosis dan hot dog. Kedua, periksa label makanan dan pilih produk yang memiliki kandungan garam rendah. Ketiga, hati-hati ketika Anda memilih pengganti garam. Beberapa makanan yang tinggi kandungan potasium mungkin dapat membantu mengurangi beberapa masalah terkait konsumsi garam, tapi hal ini justru dapat menyebabkan masalah pada ginjal atau jantung.

2. Hindari minuman manis beralkohol sebanyak yang Anda bisa. Waspadai pula konsumsi gula pengganti, seperti – sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) – yang cenderung menambah rasa kembung.

3. Cukupi kebutuhan cairan. Kembung adalah tanda bahwa makanan tidak dicerna dengan benar oleh tubuh. Kurangnya asupan air juga dapat menyebabkan perut kembung berlebihan. Minum beberapa gelas air putih akan membantu dalam menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Pastikan Anda tidak minum soda sebagai pengganti asupan air.

4. Bijak dalam mengonsumsi susu. Produk-produk susu penuh dengan kandungan gula alami, yang disebut laktosa – dapat mengganggu proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Bila Anda termasuk laktosa intoleran, pastikan untuk menghindari keju dan yogurt, karena dapat menyebabkan kram.

BACA JUGA  Sebab-Sebab Malas Beribadah dan Solusinya

5. Batasi makan. Makan dalam porsi kecil tidak hanya berguna dalam membantu usaha penurunan berat badan tetapi juga bisa menjadi cara terbaik untuk melawan perut kembung. Makanlah 4-6 makanan kecil sehari dan pastikan untuk makan secara perlahan.

6. Bergeraklah. Jangan pernah melewatkan waktu berolahraga. Aktivitas fisik adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh. Namun, jika Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang serius seperti penyakit celiac. (berbagai sumber)

Ilustrasi Foto : “Regions of stomach” by Stomach_diagram.svg: Original uploader was Indolences at en.wikipediaderivative work: Mcstrother (talk) – Stomach_diagram.svg. Licensed under CC BY 3.0 via Wikimedia Commons.

kalender

(Visited 20 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment