Ingin Tumbuhkan Generasi Qur’ani, RWI Inisiasi Desa Qur’an

Dalam upaya pemberantasan buta huruf serta meningkatkan kemampuan  baca tulis Al-Qur’an khususnya wilayah perdesaan, Rumah Wakaf Indonesia (RWI) mengadakan program Desa Qur’an. Kali ini program tersebut ada di 11 titik (desa) yang tersebar di wilayah Subang, Bandung, Rongga, Garut, Lembang, Palabuhan Ratu, Tasikmalaya, Arjasari, Ciparay, Kendari, hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program Desa Qur’an sendiri mulai terbentuk sejak 30 Oktober 2015. Kegiatannya berupa pengajian anak-anak, hapalan Qur’an anak-anak, pengajian ibu-ibu, pengajian bapak-bapak, kerja bakti, dan silaturahim ke rumah-rumah calon binaan. Sementara tujuan diadakannya program ini adalah untuk membentuk generasi  masyarakat yang mencintai Al-Qur’an, dengan cara membaca, menghafal dan mengamalkannya.

“Dengan adanya program ini bisa menjadi salah satu solusi dalam memberantas buta huruf Al-Qur’an. Kami juga mengajak masyarakat untuk tak hanya membaca dan menghafal Al-Qur’an tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” papar Soleh Hidayat selaku Direktur RWI dalam rilisnya, Selasa (15/12/2015).

Soleh menambahkan, hingga saat ini, Program Desa Qur’an sendiri telah membina 60 anak-anak usia sekolah untuk setiap titik wilayahnya dan binaan ibu-ibu serta bapak-bapak sebanyak 40 orang. Sedangkan untuk jumlah pengajar atau disebut juga dengan Duta Qur’an Rumah Waqaf sebanyak 11 orang, dengan masing-masing satu Duta Qur’an di setiap titiknya.

Sementara itu Tita  Junianti  selaku Ketua Program Desa Qur’an menambahkan bahwa salah satu tujuan dari program tersebut adalah ingin menanamkan pendidikan Al-Qur’an sejak dini. Diharapkan program ini akan memberi dampak positif bagi perkembangan anak-anak perdesaan khususnya dalam belajar Al-Qur’an sehingga kelak dari mereka akan lahir generasi Qur’ani yang siap membangun negeri.

“Semoga program ini benar-benar berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Selain itu, semakin banyak da’i-da’i baru yang bermunculan untuk belajar dan mengajarkan Al-Qur’an, ” pungkasnya. [Rls]

BACA JUGA  Deddy Mizwar: Jika Negara Tidak Bisa Melindungi Kesucian Al Quran, Kita Bekerja Untuk Negara Yang Mana?

Editor: Iman

Editor Bahasa: Desi

Foto: RWI

(Visited 6 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment