10 Pernyataan Sikap Masyarakat Muslim Sunda Terkait Kasus Bupati Purwakarta

 

Ratusan massa dari berbagai elemen dakwah,DKM masjid serta perwakilan ormas Islam Jawa Barat menggelar aksi damai disertai orasi . Aksi yang berlangsung ,Senin (7/12/2015) dengan mengambil lokasi di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro kota Bandung. Menurut  Asep Syarifuddin selaku koordinator aksi mengatakan bahwa aksi sengaja dilakukan untuk memberikan dukungan secara moral khususnya masyarakat muslim Sunda yang berada di Purwakarta terkait dengan kasus Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi yang telah dilaporkan ke Polda Jabar atas dugaan penistaan agama Islam.

2

Sejumlah perwakilan ormas, Pondok Pesantren, Dewan Keluarga Masjid, Majelis Ta’lim, Lembaga Dakwah Kampus, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, Lembaga Swadaya Masyarakat nampak memberikan orasinya termasuk Ketua Front Pembela Islam (FPI) Jabar, K.H. Abdul Qohar, Lc. Aksi damai tersebut diakhiri dengan pembacaan sikap yang disampaikan koordinator aksi,sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirraahim

Pernyataan Sikap

Dengan ini kami Masyarakat Muslim Sunda yang terdiri dari elemen masyarakat seperti: Pondok Pesantren, Dewan Keluarga Masjid, Majelis Ta’lim, Lembaga Dakwah Kampus, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, Lembaga Swadaya Masyarakat, beserta elemen masyarakat lainnya menyatakan sikap sebagai berikut:

promo oktober
  1. Sunda identik dengan Islam.
  2. Adat Sunda sejalan dengan Syari’at Islam.
  3. Kemusyrikan bukan adat Sunda.
  4. Selamatkan Purwakarta dari kemusyrikan.
  5. Dedi Mulyadi diduga telah melakukan Penistaan Agama Islam dengan mengatasnamakan adat dan budaya Sunda.
  6. Mendorong penuh langkah masyarakat muslim Sunda Purwakarta yang telah melakukan “Perlawanan” terhadap Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta) atas perkataan, perbuatan dan berbagai kebijakannya yang merusak aqidah Masyarakat Muslim Sunda Purwakarta.
  7. Mendesak kepada Polda Jabar untuk segera melakukan proses hukum Dedi Mulyadi atas pelaporan penistaan agama.
  8. Mendesak kepada Gubernur Jawa Barat beserta jajaran Muspida Jabar untuk melestarikan adat dan budaya Sunda yang sejalan dengan syariat Islam serta menjaga kerukunan sesama urang Sunda, khususnya masyarakat Jawa Barat.
  9. Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Sunda Jawa Barat untuk tidak terprovokasi dan dapat di adu domba oleh pihak manapun yang tidak bertanggung jawab (yang akan membenturkan urang Sunda dengan Islam).
  10. Mengajak kepada segenap elemen masyarakat Sunda, khususnya masyarakat Jawa Barat untuk memperkokoh tali persaudaraan dan persatuan serta menjaga dan melestarikan adat dan budaya Sunda yang sejalan dengan syariat Islam.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan dengan sebenar-benarnya untuk menjaga dan melindungi urang Sunda dari ancaman, kesesatan, kemusyrikan dan kekafiran.

Bandung, 7 Desember 2015

a/n. Masyarakat Muslim Sunda

Asep Syaripudin

 

Sejumlah aparat dari Polrestabes Bandung nampak berjaga mengamankan jalannya aksi tersebut. Aksi damai  diakhiri dengan longmarch dari halaman Gedung Sate menuju Masjid Pusdai Jabar. [ ]

 

Rep: Iman

Editor: A Candra

Editor Bahasa: Desi

 

Promo-Kalender

(Visited 38 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment