Bershalawatlah, Sebagaimana Rasul Mencontohkan!

Rindu kami padamu, ya Rasul
Rindu tiada terperi
Berabad jarak darimu, ya Rasul
Serasa dikau di sini

Cinta ikhlasmu pada manusia
Bagai cahaya suarga
Dapatkah kami membalas cintamu
Secara bersahaja

Rindu kami padamu, ya Rasul
Rindu tiada terperi
Berabad jarak darimu, ya Rasul
Serasa dikau di sini

Hati muslim mana yang tidak tergugah mendengar syair lagi Rindu Kami Padamu yang dipopulerkan oleh grup musik Bimbo? Lagu tersebut menggambarkan betapa kita (sebagai umat Islam) sangat merindukan sosok pemimpin yang sangat mencintai umatnya ini. Bagaimana tidak, hingga di akhir hayatnya pun, kalimat terakhir yang keluar dari mulut Rasulullah Saw. adalah “Ummatii, ummatii, ummatiii…” Ketika pemimpin lain sibuk mempersiapkan warisan untuk sanak keluarga di penghujung hayatnya, Rasulullah malah memikirkan umatnya yang membuktikan betapa besar cintanya kepada kita.

Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk menunjutkkan rasa cinta kepada Rasulullah Saw.? Membaca sirah, meneladani perilaku, serta melaksanakan ajaran yang dibawa Rasul adalah tiga dari sekian banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kepada beliau Namun demikian, belum lengkap rasanya berkata cinta tanpa mendoakan agar orang yang kita cinta senantiasa berada dalam rahmat dan lindungan-Nya. Berkaitan dengan hal ini, kita diperintahkan untuk mengucapkan shalawat kepada Rasulullah Saw.

kalender percikan iman 2018

Bershalawat kepada Rasulullah Saw. bukan merupakan pertanda lemahnya beliau sebagaimana disangkakan oleh kaum misionaris. Bershalawat kepada Rasulullah Saw. merupakan bukti cinta seorang hamba kepada nabinya. Lebih dari itu, shalawat juga merupakan perintah agama yang harus kita laksanakan demi mendapatkan sejumlah kemuliaan. Perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw. dapat kita lihat pada beberapa keterangan berikut.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 56)

“Apabila kalian mendengar seorang muazin melantunkan azan, maka ucapkanlah apa yang diucapkan muazin itu, kemudian bershalawatlah kepadaku, karena sesungguhnya siapa saja yang shalawat kepadaku, Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (H.R. Muslim)

“Tak seorang pun dari seorang msulim yang bershalawat kepadaku, kecuali malaikat akan memberinya shalawat sesuai shalawatnya padaku. Untuk itu bershalawatlah wahai hambaku, baik sedikit apalagi banyak.” (H.R. Ibnu Majah)

Jadi, balaslah cinta Rasulmu dengan senantiasa bershalawat kepadanya. [Muslik]

REKOMENDASI

Leave a Comment