Mau Langsing? Ini 6 Cara Simpel Batasi Makanan Berlemak

Siapa yang tidak suka makan enak? Pasti semua setuju bila makanan enak identik dengan makanan berlemak. Namun masalahnya, seringkali banyak orang kebablasan dengan lemak.

Membatasi makanan yang mengandung  lemak terkadang tidak mudah bagi sebagian besar orang.  Namun, ada beberapa cara berikut ini yang membuat sahabat Mapi Online lebih mudah mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.  Yuk, kita terapkan agar tubuh lebih ringan dan langsing.
 
1. Pilih Wajan Anti Lengket

Memasak di wajan anti lengket, sama sekali tidak membutuhkan minyak. Kalaupun ingin memakai minyak, gunakan botol yang memiliki sprayer di ujungnya. 

2. Pilih Produk Rendah Lemak

Makanan full lemak memang enak. Namun, sebaiknya pilih yang kadar lemaknya sudah dikurangi (reduced-fat). Rasanya tetap enak, namun lebih sehat. Dalam kemasan, biasanya tertera keterangan tersebut.

3. Biasakan Memasak dengan Cara Dikukus & Dipanggang

Masakan yang digoreng memang lebih lezat. Ikan goreng, misalnya. Tapi coba bayangkan berapa banyak minyak yang terserap ke dalam ikan selama proses penggorengan itu. Coba mulai sekarang matangkan bahan makanan dengan cara dikukus atau dipanggang, pasti lebih sehat. Apalagi, kalau Anda menyediakan sambal sebagai pelengkapnya. Tentu, sambalnya pun jangan digoreng.

4. Kurangi Makan Kuning Telur

Mengurangi jumlah kuning telur hingga 25-30 persen saat memasak dapat mengurangi lemak.  

5. Tambah Bumbu Rempah
Rempah bisa memeriahkan rasa masakan Anda. Selain itu, juga mengusir lemak dan kalori. Misalnya, beri perasaan lemon, jeruk nipis atau jeruk biasa pada sayuran. Bisa juga menaburkan tarragon di atas salad. Jika memasak dengan sejumlah rempah, pastikan penggunaannya di akhir memasak agar rasanya tidak hilang.

6. Variasikan Sayur & Buah
Menyantap makanan sehat dan kaya serat akan membantu diet. Anda akan merasa kenyang tanpa tambahan lemak. Coba biasakan membanjiri masakan Anda dengan aneka sayuran setiap hari. Dengan begitu, keluarga Anda pun terbiasa dengan pola makan sehat. Di antara waktu makan, suguhkan pula buah-buahan. Cobalah ke pasar terdekat untuk mencari sayur atau buah baru. Libatkan anak-anak untuk memilih buah kesukaannya. Atau, ajak mereka sekalian untuk menanamnya di kebun Anda. (dari berbagai sumber)

 Ilustrasi Foto :

Agaricus bisporus” by Bob Peters from Leeds, UK – 4809. Licensed under CC BY 2.0 via Wikimedia Commons.

Editor Bahasa: Desi

iklan donasi pustaka2

Promo-Kalender

(Visited 10 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment