Kenali Gelombang Theta Untuk Kesuksesan

Oleh: Gagan Pribadi , M.Psi*

Pada tulisan sebelumnya telah dibahas macam-macam gelombang yang ada pada otak kita. Begitu juga dengan pemanfaatannya sehingga mampu menghasilkan energy positif bagi kehidupan atau terapi bagi kondisi menurun (stress). Salah satu gelombang yang bisa kita menfaatkan untuk terapi adalah gelombang Theta.  Seperti telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya, gelombang  Theta ini berada pada frekuensi antara 4 sampai 8 Hz. Gelombang ini muncul atau timbul selama kita tidur yang disertai dengan hadirnya sebuah mimpi.  Namun bagi sebagian orang gelombang Theta ini juga bisa muncul saat kita tengah melakukan dzikir dengan kusyuk.

Jika kita mengetahui ,sebenarnya kehadiran atau saat memasuki gelombang otak Theta ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Kehadiran gelombang Theta ini menjadi sangat berharga karena bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif dan membantu beberapa proses penyembuhan. Berdasar hasil penelitian para psikolog juga ahli gelombang otak dapat diketahui manfaat Theta ini antara lain:

  1. Menghilangkan Stress.

Sebagaimana kita ketahui kondisi stres dapat menyebabkan atau memicu timbulnya banyak penyakit. Stres bukan hanya mempengaruhi mental (psikis) saja akan tetapi akan mempengaruhi kesehatan fisik juga. Gelombang Theta bermanfaat untuk  melepaskan stress  sebelum menjadi masalah yang lebih berat. Jika dilakukan dengan benar maka gelombang otak Theta ini juga bisa dihubungkan untuk menurunkan stres baik secara fisik maupun mental.

  1. Meningkatan Kreativitas.

Zaman sekarang boleh dikata sebagai zaman kreativitas, bagi yang tidak kreatif (hal yang positif) akan tergusur atau ditinggal zaman. Pendapat ini ada benarnya dan hasilnya dapat kita rasakan atau nikmati. Kreativitas bukan lahir dari spontanitas melainkan dari sebuah perenungan dalam proses mencari idea tau gagasan. Gelombang otak Theta diproduksi dalam jumlah besar selama periode pemikiran kreatif yang intens. Jadi jika kita ingin belajar untuk berpikir lebih kreatif, atau mendapat ide kreatif maka meditasi gelombang otak dengan frekwensi Theta ini dapat membantunya.

promo oktober
  1. Meningkatan Kemampuan Belajar.

Tidak dipungkiri bagi sebagian dari kita belajar adalah suatu proses yang membosankan atau menjenuhkan. Namu itu hanya berlaku bagi yang tidak tahu metodenya. Nah, gelombang Theta ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan sekaligus kemauan untuk belajar. Keadaan Theta dikaitkan dengan kemampuan untuk belajar lebih mudah dan untuk menyimpan informasi lebih efektif. Terapi gelombang otak berfrekwensi theta akan bermanfaat bagi anak-anak dan orang lain yang perlu untuk memproses sejumlah besar informasi.

  1. Mempunyai Memori Yang Lebih Baik.

Bisa dipastikan bahwa semua orang mempunyai kenangan masa lalu baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Nah, gelombang otak Theta ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil kembali kenangan masa lalu tentunya kenangan yang menyenangkan.

  1. Kemampuan Penyembuhan Diri.

Proses penyembuhan diri (self healing) bisa dilakukan dengan memanfaatkan gelombang Theta yang ada pada kita sendiri. Tubuh kita sejatinya mempunyai kekuatan penyembuhan diri ketika bebas dari stres dan sangat santai dan kondisi theta sangat terkait dengan pelepasan stres dan relaksasi yang sangat mendalam. Gelombang otak Theta juga dapat membantu tubuh kita untuk tetap sehat baik fisik maupun mental terlebih spiritualnya.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari gelombang Theta ini . Berikutnya Sobat Mapi,  bahasan  terapi gelombang Theta secara umum nanti kita akan membahas soal pentingnya menjaga keseimbangan antara tubuh,pikiran dan hati. Ketiga unsur yang kesemuanya ada dalam diri kita ini sangat penting untuk dipahami. Bagi Sobat Mapi yang mempunyai jiwa bisnis atau berdagang,dalam terapi ini kita juga akan mengenal alam bawah sadar karena khususnya pebisnis atau pedagang penting mengetahuinya sebab proses orang membeli barang akan berada di area gelombang Theta ini. Begitu pun bagi profesi yang lainnya termasuk ibu rumah tangga.  [ Bersambung…..]

*Penulis adalah psikolog dan praktisi terapi gelombang Theta

Editor:

Ilustrasi foto: “Sound wave” by Luis Lima89989Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

Sobat Mapi  punya hobi menulis dan ingin karya tulis Anda dimuat di MapiOnline.com? Kirimkan tulisan anda ke email [email protected]  Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh. Gabunglah bersama kami. Info lengkapnya di sini

 

 

Promo-Kalender

 

(Visited 35 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment