Bila Istri Tak Taat, Suami Wajib Lakukan 4 Hal Ini

pengantin, suami, istri

Ustad yang saya hormati, apa yang harus saya lakukan apabila istri tidak taat perintah suami yang  membimbing pada kebenaran? Terus terang saja istri saya tidak pernah shalat dan sangat boros. Sebagai suami saya sering mengingatkannya, namun saya tidak pernah digubris.

 


Dalam istilah agama, istri Anda telah melakukan nusyuz. Nusyuz artinya sikap tidak patuh. Wahbah Zuhaili, guru besar Ilmu Fikih dan Ushul Fikih di Universitas Damaskus, mengartikan nuzyuz sebagai ketidakpatuhan salah satu pasangan terhadap apa yang seharusnya dipatuhi.

Apabila terjadi pembangkangan terhadap sesuatu yang memang tidak wajib dipatuhi, sikap itu tidak dapat dikategorikan sebagai nusyuz. Misalnya, suami menyuruh istrinya berjudi, namun istrinya menolak. Ketidakpatuhan istri terhadap suaminya ini tidak termasuk nusyuz. Atau apabila seorang istri menuntut sesuatu di luar kemampuan suami, lalu suaminya tidak memenuhinya, suami tersebut tidak dapat dikatakan nusyuz terhadap istrinya.

Dasar hukum nusyuz pihak istri terhadap suaminya adalah  “…Perempuan-perempuan yang kamu kha watirkan berbuat nusyūz hendaklah kamu menasihati mereka, pisahlah dari tempat tidur mereka (pisah ranjang), dan jika perlu, pukullah mereka. Namun, jika mereka me naatimu, janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menceraikannya. Sesungguhnya, Allah Mahatinggi, Mahabesar.” ( Q.S. An-Nisā’ [4]: 34)

Ada empat tahap jalan keluar yang diberikan Islam untuk mengatasi nusyuznya seorang istri terhadap suaminya. Keempat tahap ini didasarkan pada surat An-Nisā’ [4]: 34.

 

Tahap pertama, berupa pemberian nasihat, petunjuk, dan peringatan tentang ketakwaan kepada Allah Swt. serta hak dan kewajiban suami-istri dalam rumah tangga. Namun demikian, sebelum menasihati istrinya, seorang suami harus mengintrospeksi dirinya  terlebih dahulu apakah sikap istrinya saat itu bersumber dari atau dilatarbelakangi oleh sikapnya terhadap istri atau bukan. Jika memang demikian, sang suami mesti memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu.

Tetapi jika terbukti nusyuz istri tersebut bersumber dari diri istri itu sendiri, nasihat, petunjuk, dan peringatan harus diberikan kepadanya. Nasihat kepada istri yang nusyuz harus dilakukan dengan bijaksana dan lemah lembut.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 127 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment