5 Herbal Ini Bantu Anda Tampil Awet Muda

Banyak tumbuhan yang berkhasiat dapat membantu memelihara penampilan agar awet muda. Beragam tanaman alami itu mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita, bahkan di halaman rumah, contoh  sirih,  jeruk nipis dan mentimun.

Beberapa tanaman berbal tersebut memiliki kandungan alami yang membantu menghaluskan dan mengencangkan kulit.  Zat alami tersebut  adalah  antioksidan alami dan astringen (mengecilkan pori).

Tanaman-tanaman tersebut di antaranya kunyit (Curcuma domestica), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), mentimun (Cucumis sativus), lidah buaya (Aloe vera), dan sirih (Piper betle).  Mari kita paparkan satu persatu herbal yang dapat membantu Anda tampil awet muda :

1. Sirih

Tumbuhan ini dapat mempercantik kulit. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa sirih mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman. Zat ini bermanfaat merangsang saraf pusat dan daya pikir guna menekan risiko kepikunan.

Secara tradisonal daun sirih dikenal efektif mengatasi keputihan dan bau badan. Kandungan minyak atsirinya, antara lain chavicol dan betlephenol, memiliki daya antijamur, antioksidasi, dan antikuman. Tumbuk 4-6 lembar daun sirih segar yang telah bersih sampai halus, lalu gunakan sebagai bedak kompres agar kulit tetap sehat, bersih, dan segar.

2. Timun

Tanaman ini dapat digunakan untuk penghalus wajah dan favorit untuk merawat kesegaran kulit. Mentimun kaya akan silikon dan fluorin, serta rendah kalori. Sifatnya yang dingin dan menyegarkan terasa nyaman di kulit. Tak heran, produsen kosmetik menjadikannya sebagai bahan dasar produknya.

Timun mentah mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Biji timun mengandung banyak vitamin E yang berkhasiat menghambat proses penuaan dan menghapus keriput. Selain dijus, timun juga dapat dijadikan pasta atau cukup diiris lalu ditempelkan di kulit wajah.

Ambil 2-3 buah timun ukuran sedang lalu diparut. Tempelkan parutan timun ke wajah. Sebaiknya lakukan sehari sekali. Cara ini mampu mengurangi kerutan sekaligus membuat wajah segar dan awet muda.

3. Lidah buaya

Tumbuhan ini dapat meremajakan sel-sel kulit.  Lidah buaya mengandung saponin yang bersifat antikuman serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai antibiotika dan penghilang rasa sakit. la juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Kemampuan ini yang disebut rahasia awet muda.

Gel lidah buaya mengandung lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Gel ini menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga wajah terlihat segar berseri.

4. Jeruk nipis

Buah ini dapat berfungsu sabagai penghalau keriput. Jeruk nipis mengandung sitrat tinggi, bahkan 10 kali lebih besar dibandingkan dengan kandungan sitrat pada jeruk keprok atau enam kali jeruk manis. Kandungan sitratnya mencapai 55,6 gram per kilogram. Kandungan asam sitrat inilah yang sering dimanfaatkan dalam dunia kecantikan untuk perawatan kulit dan rambut.    Selain itu, kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat buah ini pantas dipakai dalam ramuan awet muda. Berbagai penelitian membuktikan bahwa vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat menangkal terjadinya keriput atau kulit kusam.

5. Kencur

Herbal ini bermanfaat sebagai pelangsing alami. Kencur memiliki kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan, sebagai pelangsing, membantu mengeluarkan gas dari perut, dan baik untuk menangkal radikal bebas sebagai salah satu penyebab penuaan dini.

Umumnya sebagai ramuan awet muda, kencur bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman beras kencur atau beras cikur (dalam bahasa Sunda). Karena rasanya agak getir, Anda disarankan untuk menambahkan gula aren yang harum.

Promo-Kalender
Ilustrasi Foto :

” 13 – ITALY – Aloe Vera gel Juice extract – organic BIO italian cosmetics or supply food focus on” by PavaOwn work. Licensed under CC BY-SA 3.0 it via Wikimedia Commons.

(Visited 14 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment