7 Kunci Agar Kuat Hadapi Ujian Hidup

jalan hidup

Oleh : DR. Aam Amiruddin. M.Si

DALAM salah satu surat elektronik yang masuk ke dalam inbox saya, ada jamaah yang menanyakan kepada saya bagaimana caranya agar kuat menghadapi berbagai cobaan yang datang bertubi-tubi.  Dalam mengarungi hidup, cobaan adalah sesuatu hal yang pasti dialami siapapun.  Saya akan coba menjawabnya dalam sebuah pemaparan singkat tentang trik-trik atau panduan berikut ini.

iklan donasi pustaka2

Trik agar Anda bisa lebih bertahan menghadapi berbagai ujian. Pertama, yakini bahwa ujian itu merupakan ekspresi cinta Allah kepada kita atau wujud sayang Allah Swt. agar kita lebih matang dan dewasa dalam menghadapi persoalan. Jangan berprasangka buruk seolah ujian itu merupakan murka Allah Swt.

Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki Allah menjadi orang yang baik maka ia diberi-Nya cobaan.” ( H.R. Bukhari)

Kedua, yakini bahwa makin besar dan banyak cobaan yang Allah turunkan, makin besar pula pahala dan sayang Allah yang akan dilimpahkan kepada kita. Dengan catatan, kita bisa menyelesaikan setiap ujian itu secara baik.

Anas r.a. berkata, Nabi Saw. bersabda, “Sesungguhnya besarnya pahala itu bergantung pada besarnya cobaan. Sesungguhnya apabila Allah Ta’ala itu mencintai suatu kaum maka Ia mencobanya. Barangsiapa yang rela menerimanya, ia mendapat keridoan Allah, dan barangsiapa yang murka, maka ia pun mendapat murka Allah.” ( H.R. Tirmidzi)

Ketiga, yakini bahwa ujian itu akan menghapuskan dosa-dosa yang pernah kita kerjakan.  Abu Sa’id dan Abu Hurairah r.a. meriwayatkan, Nabi Saw. bersabda, “Seorang Muslim yang tertimpa penderitaan, kegundahan, kesedihan, kesakitan, gangguan, dan kerisauan, bahkan hanya terkena duri sekali pun, semuanya itu merupakan kafarat (penebus) dari dosa-dosanya.” ( H.R. Bukhari )

Keempat, selalu berpikir positif bahwa apa pun yang menimpa diri kita akan menjadi kebaikan. Abu Yahya Shuhaib bin Sinan r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan sikap seorang mukmin itu, segala keadaan dianggapnya baik dan hal ini tidak akan terjadi kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, ia bersyukur, maka itu lebih baik baginya, dan apabila ditimpa penderitaan, ia bersabar, maka itu lebih baik baginya.”( H.R. Muslim)

Kelima, yakini bahwa setelah kita menghadapi kesulitan akan mendapatkan kemudahan. “Sungguh, beserta kesulitan ada kemudah an. Sungguh, beserta kesulitan itu ada kemudahan.” ( Q.S. Asy-Syarĥ [94]: 5-6)

Keenam, selalu optimis bahwa kita bisa menyelesaikan setiap ujian yang Allah Swt. berikan, karena Allah Swt. tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hamba-Nya.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan ukuran kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebajikan yang dikerjakannya dan mendapat siksa dari kejahatan yang diperbuatnya…” ( Q.S. Al-Baqarah [2]: 286)

Ketujuh, hadapi ujian dengan usaha dan doa. “Apabila kamu telah selesai mengerjakan suatu urusan, maka tetaplah bekerja keras untuk urusan berikutnya, dan hanya kepada Tuhanmu, hendaknya kamu berharap.” ( Q.S. Asy-Syarĥ [94]: 7-8).

“...Berdoalah ke pada-Ku, niscaya akan Aku perke nankan doamu…” ( Q.S. Gāfi r [40]: 60)

Kesimpulannya, apabila kita yakin bahwa ujian itu merupakan ekspresi cinta Allah Swt., kita akan yakin pula bahwa makin besar cobaan Allah, makin besar pula pahala yang akan kita terima. Kita akan yakin bahwa ujian itu akan mengikis dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Kita pun selalu berpikiran positif bahwa ujian itu akan menjadi kebaikan karena setelah kesulitan pasti datang kemudahan.

Kita akan selalu optimis dapat menyelesaikan semua ujian yang dihadapi dan berusaha menyelesaikan ujian itu dengan usaha dan doa. Dengan menyikapi ujian seperti di atas, insya Allah kita akan lebih mampu menghadapi ujian yang datang menimpa, seberat apa pun ujian tersebut. Wallahu A’lam.

 

(Visited 2,658 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

3 Thoughts to “7 Kunci Agar Kuat Hadapi Ujian Hidup”

  1. Arga Yudhistira

    Assalamualaikum pengurus mapion online mau bertanya kalau mau bersurat elektronik dengan pak aam melalui email apa?terimakasih

    1. Redaksi MapiOnline

      Waalaikumsalam wr wb…silakan kirimkan email ke alamat [email protected].

      Semoga berkenan

  2. iwa

    Dan DIA Yang Mencipta langit & bumi dalam 6 masa, dan senyatanya singgasanaNYA atas air, untuk Menguji siapakah diantara kalian terlebih baik perbuatan.

Leave a Comment