Benarkah Mandi Malam Bikin Rematik?

Ada mitos yang menyebutkan mandi malam sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan rematik. Mitos ini kerap kita dengar dan terus berkembang sampai saat ini. Namun dari sudut pandang medis, benarkah demikian?

Menurut para ahli rehabilitasi medik, mandi malam hari tidak akan menyebabkan rematik atau nyeri pada persendian. Anggapan tersebut muncul dari pengalaman yang dialami masyarakat semata.

promooktober1

Hingga saat ini pun belum ada penelitian yang mengatakan masyarakat yang tinggal di daerah kutub utara yang terkena nyeri tulang akibat temperatur yang dingin.

Faktanya adalah nyeri pada tulang lebih disebabkan faktor gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga. Dan bagaimana ia menggunakan persendiannya.

Meski demikian, seseorang juga harus tetap memperhatikan kondisi badan saat mandi malam. Jika kondisi badan tidak dalam keadaan bagus, sebaiknya dihindari.

Sebagian ahli juga menyarankan, saat mandi malam, perhatikan juga suhu air yang digunakan. Pasalnya, air yang terlalu dingin dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah.

Ilustrasi Foto : “Showerhead“. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

(Visited 18 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment