Punya Meja Kerja Berantakan, Tanda Orang Kreatif?

Banyak cara yang dapat dilakukan agar kita lebih dinamis dan kreatif. Tapi pernahkan terbayangkan suatu cara “aneh” yang satu ini? Ya, untuk  membuat lebih kreatif, biarkan meja kerja di kantor Anda berantakan.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal Psychological Science, mereka yang bekerja di lingkungan kerja yang teratur dan terorganisir cenderung membuat pilihan yang sehat dan memiliki harapan hidup yang lebih tinggi.  Tetapi mereka yang bekerja dalam lingkungan kerja yang berantakan justru cenderung lebih inovatif dan berani mencoba hal-hal baru.

promooktober

Kathleen Vos, seorang pakar psikologi dan profesor pemasaran di University of Minnesota melakukan tiga percobaan untuk melihat bagaimana lingkungan yang teratur dan tidak teratur mempengaruhi perilaku seseorang.

Dalam simulasi pertama, 34 pelajar Belanda secara acak dibagi menjadi dua kelompok , kelompok pertama ditempatkan di ruangan yang rapi dan teratur, sementara kelompok kedua di ruang kantor berantakan penuh dengan kertas dan perlengkapan kantor. Kedua ruangan memiliki ukuran, intensitas paparan sinar matahari dan tata letak benda yang sama. Semua pelajar diminta mengisi dokumen selama 10 menit. Mereka kemudian ditawari untuk memberikan sumbangan amal. Setelah selesai, mereka juga ditawari camilan berupa apel atau cokelat.

Para peneliti menemukan bahwa 82 persen peserta di ruangan yang rapi memberikan sumbangan amal, sedangkan hanya 47 persen dari peserta di ruangan berantakan yang melakukannya. Peserta di ruangan rapi juga cenderung memilih camilan sehat yaitu apel, sedangkan orang di ruangan berantakan lebih cenderung untuk memilih cokelat.

Pada percobaan kedua, 48 pelajar Amerika secara acak ditugaskan untuk masuk ke ruangan berantakan atau rapi. Para pelajar dari kedua ruangan diminta untuk menginovasikan fungsi baru dari bola ping-pong.

Kemudian ide para peserta dinilai oleh juri yang tidak mengetahui dari ruangan mana peserta berasal. Hasilnya, peserta dari ruangan berantakan mendapat nilai yang lebih tinggi dalam hal daya tarik dan kreativitas dibandingkan mereka dari ruangan rapi.

Dalam percobaan ketiga, 188 orang dewasa Amerika secara acak ditugaskan untuk masuk ke ruangan rapi atau berantakan. Mereka diminta memesan minuman smoothie berdasarkan pilihan rasa baru atau klasik. Mereka yang berada di ruangan rapi cenderung memilih smoothie dengan rasa klasik, sementara peserta penelitian yang berada di lingkungan yang berantakan cenderung untuk mencoba rasa baru.

Nah, jika sobat selama ini mempunyai meja kerja yang berantakan sebenarnya tak perlu terlalu risau.  Bisa jadi sobat adalah pribadi yang kreatif dalam berpikir.  Wallahualam.  (asc)

Ilustrasi Foto : “DeskUnion Coworking Glasgow” by DeskUnionOwn work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

(Visited 10 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment