Rahasia Gizi dalam Sebutir Telur

Masih banyak yang beranggapan bahwa telur terutama bagian kuningnya adalah jenis makanan yang perlu dihindari. Alasannya, kebanyakan makan telur bisa menaikkan kadar kolesterol. Nyatanya, penelitian terbaru pada ahli menyimpulkan, telur tak memengaruhi kadar kolesterol secara signifikan.

Kesimpulan itu hasil analisa 224 studi tentang diet yang dilakukan selama 25 tahun. Dari riset terungkap bahwa bukan kolesterol semata yang memengaruhi kadar kolesterol dalam darah, tetapi lemak jenuh. Telur diketahui hanya mengandung sedikit saja lemak jenuh.

promooktober

Penelitian pun menunjukkan bahwa mengonsumsi telur justru akan memperbaiki kadar lipid (kolesterol) seseorang yang kolesterolnya naik saat mengonsumsi makanan kaya kolesterol.

Ada banyak nutrisi penting dalam sebutir telur. Sebut saja kolin, yang sangat penting untuk fungsi otak dan kesehatan.

Satu buah kuning telur mengandung lebih dari 25 persen kebutuhan kolin setiap hari. Orang dewasa membutuhkan 425 g kolin per hari, sedangkan anak balita butuh 250 gr per hari. Sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi kolin yang cukup bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Telur juga mengandung antioksidan serta lutein yang membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak. Kadar lutein dalam telur bahkan lebih banyak dibanding pada sayuran berdaun hijau.

Orang yang punya penyakit jantung pun tidak disarankan untuk pantang telur. Mereka disarankan untuk mengurangi konsumsi kuning telur menjadi dua kali dalam seminggu.

Untuk memeroleh manfaat lebih dari telur, sebaiknya memilih produk yang diperkaya omega-3. Jenis telur ini selain mengandung nutrisi dalam telur, juga mengandung asam lemak yang melindungi jantung. Para ahli menyarankan konsumsi 1.000 mg DHA dan EPA setiap hari. Untuk mendapatkan manfaat yang sama, disarankan mengonsumsi telur yang sudah diperkaya dan mengandung 300 mg omega-3 ini.

 

Ilustrasi Foto :

Freerange eggs“. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

(Visited 6 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment