Mengapa Wanita Haid Dilarang ML? Ini Penjelasan Ilmiahnya

wakaf

Oleh: Hanny Rono Sulistyo*

Tak dapat dibantah, ML (making love) alias hubungan intim adalah salah satu resep harmonis pasangan suami istri.  Namun dalam syariat Islam aktivitas halal ini bisa menjadi haram sedang datang bulan. Secara umum hubungan intim dapat dikategorikan aman sekaligus sehat bilamana dilakukan dengan pasangan yang sah dan dilaksanakan menurut aturan agama yang didukung dengan pengetahuan medis. Contoh, Islam melarang suami-istri berhubungan intim saat istri sedang menstruasi.

iklan donasi pustaka2

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang (hukum bercampur dengan istri yang sedang) haid. Katakanlah, ’Haid itu adalah suatu kotoran. Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid, dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka bersuci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu.’ Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (Q.S. Al Baqarah 2:222)

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa alat kelamin wanita menjadi saluran yang menghubungkan rongga perut dengan yang ada di luar, vagina berlubang, mulut rahim berlubang. Kemudian rongga ini terus masuk ke kiri dan ke kanan menjadi saluran telur. Kemudian saluran telur ini bermuara ke rongga perut. Anda tahu bahwa dalam perut banyak sekali organ-organ tubuh yang sangat penting dan sangat sensitif, seperti usus, hati, pancreas, dan masih banyak lagi. Kalau kuman masuk melalui saluran alat kelamin wanita, kemudian masuk dalam perut, hal ini akan menimbulkan infeksi yang sangat berbahaya.

Dalam keadaan normal, saluran ini biasanya diamankan oleh lender-lendir kental yang ada di dalam mulut rahim sehingga kotoran apa pun tidak akan bisa masuk ke dalam rongga perut. Lendir-lendir yang kental ini berisi banyak sekali sel-sel darah putih yang akan memakan semua kuman yang lewat. Kuman-kuman yang akan masuk ke dalam rahim akan ditahan oleh lendir rahim. Di dalam lender rahim bayak sekali sel-sel darah putih yang siap memakan semua benda-benda asing yang masuk.

 

Pada saat menstruasi, lender ini tidak ada, sebab kalau lendir ini masih ada, darah mens tidak bisa keluar. Jadi pada waktu menstruasi, sumbatan lendir itu akan terlepas. Akibatnya saluran kelamin akan terbuka dan sangat rentan terhadap serangan kuman.

Pada waktu menstruasi, banyak sekali perlukaan dan terbukanya pembuluh-pembuluh darah di dinding rahim. Jadi kalau terjadi kuman masuk, dengan mudah kuman tresebut akan masuk ke dalam rahim karena tidak ada hambatan dari lendir. Kalau itu terjadi, bukan hanya masuk ke dalam rongga perut, tapi kuman-kuman tersebut bisa mencapai seluruh tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah yang terbuka. Dengan cepat kuman-kuman itu masuk ke dalam otak, ginjal, jantung, sehingga dapat menyebabkan infeksi seluruh tubuh, bahkan bisa menimbulkan kematian mendadak.

Kalau misalnya ada udara terdorong masuk ke dalam mulut rahim lalu masuk ke dalam pembuluh darah, ini akan membawa kuman ke jantung sehingga menimbulkan gangguan jantung. Kalau terbawa ke otak, dengan cepat akan terjadi suatu reaksi alergi atau akan menyebabkan gangguan otak (akan mengalami kejang-kejang dan diikuti dengan kematian mendadak).

Dapat dilihat bahwa medis dan agama selalu sejalan. Agama mengharamkan hubungan suami istri pada saat haid, ternyata memang hal itu sangat berbahaya. Karenanya wawasan akan pengetahuan agama dan medis seputar seks mutlak diperlukan oleh siapa saja. Jangan sampai ketidaktahuan menyebabkan kita terjerembab ke dalam seks yang tidak aman dan tidak sehat.

Nah, kalau hubungan intim suami-istri saja dapat menimbulkan masalah bila tidak dilakukan sesuai prosedur (kaidah agama & medis), apalagi hubungan intim yang bukan dilakukan dengan pasangan yang sah. Tentunya akan membawa dampak yang sangat buruk dan tidak diinginkan, seperti terjangkitnya penyakit menular seksual. Wallahu A’lam .

 

*Penulis adalah dokter spesialis obgyn,pegiat dakwah dan penulis buku

Editor: Iman

Sahabat punya hobi menulis dan ingin karya tulis Anda dimuat di website percikaniman.id? Kirimkan tulisan anda ke email [email protected].  Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif,motivatif dan edukatif serta penyebar amal saleh. Gabunglah bersama kami.

 

(Visited 29 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment