Bandung Kini Punya Jalan Ir. Sukarno (Tanpa Hatta)

Ada sesuatu yang berbeda di kawasan Jalan Asia Afrika Bandung sejak Selasa (10/11/2015) kemarin.  Di salah satu sudut jalan, tepatnya di samping Gedung Merdeka, kini telah terpampang sebuah  nama jalan baru. Jalan yang dahulu dikenal dengan nama jalan Cikapundung Timur itu kini telah resmi berganti nama menjadi Jalan Dr. Ir. Sukarno.

Perubahan nama jalan ini diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2015 kemarin di kota Bandung. Perayaan Hari Pahlawan di Kota Kembang diisi dengan upacara dan mengheningkan cipta selama 45 detik pada pukul 08.15.

Acara peresmian perubahan jalan itu dipimpin langsung oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil usai melaksanakan upacara. Ia juga melakukan jamuan makan siang kepada keluarga dan kerabat Soekarno.

Ada beberapa hal yang menarik dari penamaan jalan baru ini. Jalan baru ini tidak diikuti dengan kata “Hatta”, yang merujuk pada tokoh proklamator lainnya Muhammad Hatta. Di Bandung, nama Jalan Soekarno Hatta sendiri telah disematkan pada jalan bypass yang membentang dari kawasan Cibiru hingga Cibeureum.

Selain itu, jalan baru ini juga menggunakan ejaan lama, atau tidak menggunakan hurup “oe” seperti pada nama Soekarno, melainkan menggunakan hurup “u”, atau hanya Sukarno.

Penamaan Jalan Sukarno menggantikan Jalan Cikapundung Timur diapresiasi oleh putra Presiden Pertama RI Sukarno, Muhammad Guruh Irianto Sukarnoputra. Ia menyambut baik penghargaan dan keputusan yang diambil warga dan Pemerintah Kota Bandung tersebut.

Keputusan Pemkot mengubah nama jalan Cikapundung merupakan bentuk penghargaan dan pengingat jasa presiden Sukarno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.  Ir Soekarno juga memberikan peran yang sangat besar terharap terselenggaranya Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955.
(aac)

Editor Bahasa: Desi

 

Foto : “Sukarno Inspect Monas Construction” by Unknown – Museum Sejarah Monumen Nasional. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons.

(Visited 10 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment