Saksikan Fenomena Langka Subuh Nanti : Venus, Mars, Jupiter dan Bulan Berbaris

Kalau saja langit di tempat Anda nanti Subuh kebetulan cerah, jangan lewatkan fenomena alam yang cukup langka.  Cobalah tengok ke arah langit sebelah timur, akan ada 4 benda langit dalam posisi sejajar yaitu bulan, Venus, Mars, dan Jupiter.

Kabar yang dilansir sejumlah media menyebutkan, fenomena ini akan melintasi di langit beberapa negara termasuk Indonesia. Hampir seluruh wilayah di Indonesia dapat menyaksikan konfigurasi planet-planet tersebut.

promooktober1

Pakar astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin seperti dilansir CNN Indonesia menyebutkan, pemandangan ini bisa dilihat pada tanggal 10 dan 11 November dini hari. Pastikan anda melihat langit tidak melewati pukul 04.30, karena saat itulah momen terbaik untuk melihatnya

Thomas menjelaskan, fenomena ini bakal tampak di ufuk timur. Bulan sabit akan terlihat pada bagian bawah dan di sebelah kiri atas bulan akan ada bintang timur atau Venus yang memiliki cahaya paling terang.

Di sebelah kiri atas Venus terdapat Jupiter dengan cahaya yang cukup terang, namun masih kalah terang dengan cahaya Venus. Mars dengan cahaya kemerahannya akan berada di antara Venus dan Jupiter.

Untuk dini hari nanti atau tanggal 11 November, fenomena posisi Mars sudah mulai bergeser dan tidak berada pada garis sejajar dengan planet lainnya sehingga konfigurasi hanya akan terdiri dari bulan, Venus, dan Jupiter.

Thomas menegaskan kalau fenomena ini tidak akan memberi pengaruh apapun bagi Bumi. Fenomena planet-planet sejajar ini bisa dilihat sejak tanggal 8 November dini hari. Di bulan Desember, kita juga masih bisa melihat fenomena konfigurasi ini, di mana bulan, Venus, dan Mars akan kembali ‘berbaris’ di langit.

Editor Bahasa: Desi

Foto Ilustrasi : “Moon Venus Jupiter Conjunction” by PendethanOwn work. Licensed under CC BY 3.0 via Wikimedia Commons.

 

Anda punya hobi menulis dan ingin karya tulis Anda dimuat di MapiOnline.com? Kirimkan karya tulis Anda ke email [email protected]  Jadilah pejuang dakwah melalui tulisan-tulisan yang inspiratif dan mengedukasi. Info lengkapnya di sini  

 

 

(Visited 19 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment